5 Jurusan Kesehatan Selain Kedokteran Terbaik Untuk Dipilih

jurusan kesehatan selain kedokteran

Halo Sobat Eduisi, apa kabar kamu hari ini? Bagi sebagian besar calon mahasiswa, jurusan kedokteran atau pendidikan dokter barangkali jadi jurusan impian banget. Ribuan calon mahasiswa berbondong-bondong memilih kedokteran baik di SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lainnya. Tapi sebenarnya masih ada jurusan kesehatan selain kedokteran yang bisa kamu pilih lho.

Artikel ini Eduisi tulis sebagai referensi kamu yang memang ngebet banget untuk kuliah di bidang kesehatan. Karena persaingan untuk masuk kedokteran sangat tinggi, kamu bisa mempertimbangkan untuk masuk ke beberapa jurusan di bawah ini lho. Atau paling tidak sebagai pilihan kedua atau ketigamu dalam seleksi.

Apa saja? Yuk disimak.

Jurusan Kesehatan Selain Kedokteran

Sekadar info, saya sempatbimbel persiapan tes masuk perguruan tinggi tahun 2010 dulu, ketika itu di tempat saya bimbel ada program bimbel fokus dan garansi masuk jurusan medika/medis atau kesehatan. Agaknya memang dari dulu banyak calon mahasiswa yang ingin masuk di jurusan kesehatan.

Tentu saja pendidikan dokter jadi jurusan terfavorit, tapi ya kamu tahulah kalau masuk ke sana itu susah. Kalau pun masuk jalur mandiri, masih banyak saingan dan mahal. Akhirnya, pengelola bimbel menyarankan beberapa jurusan kesehatan lainnya sebagai pilihan kedua.

Kali ini, saya juga akan menyarakankan kamu demikian. Kamu tetap bisa pilih pendidikan dokter sebagai yang pertama atau tidak. Yang jelas, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih beberapa jurusan di bawah ini juga.

Pendidikan Dokter Gigi

Selain kedokteran, jurusan pendidikan dokter gigi juga merupakan jurusan terbaik di rumpun kesehatan atau medika. Berbeda dengan pendidikan dokter yang lebih umum, pendidikan dokter gigi tentu hanya belajar untuk kesehatan gigi dan yang terkait. Karena materi lebih sempit, tentu belajarnya juga tidak terlalu sulit.

Sama halnya dengan pendidikan dokter, lulusan pendidikan dokter gigi juga akan mendapatkan gelar sarjana terlebih dahulu, tepatnya sarjana kedokteran gigi (S.K.G). Setelah itu mereka harus melakukan kuliah profesi untuk mendapatkan gelar dokter gigi (drg).

Psikologi

Kalau bicara kesehatan tentu bukan hanya kesehatan fisik saja, kesehatan jiwa dan psikis juga penting. Karena berapa banyak orang di luar sana yang fisiknya bugar tapi jiwanya sakit. Jurusan psikologi dapat menjadi alternatif pilihan bagi kamu yang memang ngebet kuliah di jurusan kesehatan.

Memang ada kampus yang meletakkan jurusan psikologi di bawah rumpun ilmu sosial, tapi umumnya jurusan ini berada di bawah ilmu alam. Kamu yang ketika SMA/sederajat di jurusan IPA cocok untuk mengambil jurusan ini.

Ilmu Keperawatan

Ada dokter tentu juga ada perawat. Karena apalah arti dokter tanpa perawat. Jumlah dokter dan perawat di rumah sakitpun lebih banyak perawat. Oleh karena itu, bagi kamu yang memang berniat berkarir sebagai profesional di bidang kesehatan, jurusan satu ini layak untuk kamu pertimbangkan.

Lulusan ilmu keperawatan juga akan diberikan kesempatan untuk lanjut ke program profesi perawat atau Ners. Sama halnya dengan pendidikan dokter dan pendidikan dokter gigi, calon Ners akan ditempa dengan ilmu-ilmu praktek terkait pekerjaan mereka.

Farmasi

Hampir di tiap perguruan tinggi, jurusan farmasi selalu ramai peminat. Bisa dibilang farmasi adalah jurusan kedua terfavorit setelah kedokteran. Di farmasi kamu akan belajar mengenai asal-usul obat-obatan dan segala seluk-beluknya. Kamu juga akan belajar bagaimana meneliti sumber-sumber obat dan dampaknya pada makhluk hidup.

Lulusan farmasi umumnya menjadi apoteker setelah mengambil program profesi apoteker. Tapi peluang kerja farmasi tidak hanya itu kok. Teman-teman saya yang lulusan farmasi banyak yang bekerja di industri obat-obatan juga. Selain itu lulusan farmasi juga bisa masuk ke industri lain yang membutuhkan tenaga mereka.

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Jurusan terakhir dalam daftar ini adalah kesehatan masyarakat. Ilmu kesehatan masyarakat itu sangat luas dan sangat penting keberadaannya dalam masyarakat. Mulai dari edukasi kesehatan masyarakat hingga ke manajemen rumah sakit. Jurusan ini layak banget kamu coba.

Sebelumnya Eduisi sudah membahas dengan lebih detail mengenai jurusan ilmu kesehatan masyarakat ini lho. Kamu bisa membacanya di sini : Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Seluk-beluknya

Nah, itulah tadi 5 jurusan kesehatan selain kedokteran yang bisa kamu pilih untuk perkuliahan kamu. Barangkali ada salah satu yang menarik minat kamu. Namun sebelum memilih kami sarankan untuk kepo se kepo-keponya dengan jurusan kuliah yang akan kamu pilih. Pasalnya, banyak juga mahasiswa di Indonesia ini yang salah jurusan dan itu akan mempersulit mereka mencapai kelulusan. Semoga beruntung.

1 thought on “5 Jurusan Kesehatan Selain Kedokteran Terbaik Untuk Dipilih”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *