10 Ekskul dan Organisasi di Sekolah yang Bisa Kamu Ikuti

ekskul dan organisasi di sekolah

Halo pembaca Eduisi, pernahkah kamu mendengar kalimat bahwa “masa sekolah adalah masa paling indah?”. Itu benar banget lho, karena banyak cerita yang hanya bisa kamu dapatkan saat masih sekolah.  Tapi di samping itu, masa sekolah adalah masa yang paling baik untuk belajar. Termasuk belajar dengan ikut bergabung ekskul dan organisasi di sekolah.

Ekskul adalah kegiatan ekstrakurikuler atau di luar kurikulum kelas. Biasanya ekskul ini dapat berupa organisasi di sekolah yang jumlahnya banyak. Kamu mungkin sudah tahu beberapa di antaranya, namun kali ini saya ingin menjelaskan beberapa ekskul atau organisasi sekolah yang populer dan wajib kamu ikuti salah satunya.

Ekskul dan Organisasi di Sekolah

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa pentingnya ikut ekskul, apa pentingnya itu organisasi. Hmm, asal kamu tahu, ikut organisasi akan memberikan kamu pengalaman berorganisasi yang tidak ternilai harganya. Kalau kamu tidak percaya, kamu bisa baca di sini: Manfaat memiliki pengalaman organisasi

Nah, jika kamu memang ingin jadi pelajar yang tidak biasa, artinya pelajar yang punya kesibukan positif di luar jam sekolah, beberapa organisasi dan ekskul di sekolah ini layak kamu ikuti.

Organisasi Intra Sekolah (OSIS)

OSIS adalah organisasi yang mesti ada di sekolah. OSIS menjadi corong siswa untuk menyampaikan aspirasinya ke pihak sekolah atau menjadi ujung tombak kegiatan siswa di sekolah itu. OSIS memiliki banyak bidang di dalamnya, pengurus hariannya juga cukup banyak. Salah satu pekerjaan OSIS adalah mengelola program orientasi siswa baru, selain itu pekerjaan OSIS masih banyak. Oh ya, OSIS punya nama lain yaitu Badan Eksekutif Sekolah (BES).

Baca juga : 10 Motivasi Masuk OSIS yang Baik dan Tepat

Majelis Perwakilan Kelas (MPK)

Kalau OSIS bisa dikatakan sebagai organisasi eksekutif di sekolah, nah di sektor legislatifnya ada Majelis Perwakilan Kelas atau biasa juga disebut Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK). MPK diisi oleh perwakilan di setiap kelas, meliputi kelas 1-3. Anggota MPK itu terbatas, tidak sebanyak OSIS, dan tugas MPK adalah mengawasi kerja OSIS serta membuat aturan-aturan yang bisa berlaku bagi siswa di sekolah.

Pramuka

Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib ada di setiap sekolah. Pramuka sendiri merupakan organisasi pendidikan norformal yang bergerak di bidang kepanduan. Setiap sekolah biasanya ada kegiatan pramukanya. Toh, di sekolah ada seragam pramuka juga, kan? Nah, kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang aritnya Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

Tertarik untuk gabung Pramuka?

Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Jurnalistik

Meski tidak selalu digabung, ekskul Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Jurnalistik merupakan ekskul yang cocok bagi pelajar yang gemar menulis dan meneliti. Di ekskul ini siswa akan belajar menulis karya ilmiah, karya jurnalistik, membuat penelitian dan sebagainya. Ekskul ini sangat cocok bagi introvert karena tidak banyak tuntutan untuk tampil di depan umum.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)

Satu ekskul atau organisasi di sekolah lainnya yang cukup banyak diadakan adalah Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Ekskul kece dengan seragam yang tak kalah kece ini selalu tampil di acara-acara upacara bendera. Tidak hanya upacara bendera di sekolah, mereka juga bisa tampil di skop yang lebih besar. Keuntungan ikut organisasi ini adalah kamu akan diajarkan untuk bisa baris-berbaris.

Baca juga : 7 Alasan Masuk Paskibra, Ekskul Terkece Setanah Air

Palang Merah Remaja (PMR)

Palang Merah Remaja (PMR) adalah ekskul yang bergerak di bidang kerelawanan medis. PMR merupakan wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja Palang Merah Indonesia (PMI). Biasanya PMR ada di sekolah-sekolah yang telah bekerja sama dengan PMI. PMR ini ada di tingkat SD sampai SMA/sederajat lho.

Siswa Pencinta Alam (Sispala)

Apakah kamu adalah seorang pecinta alam? Kalau iya, berarti kamu cocok bergabung dengan ekskul Sispala. Memang sih belum semua sekolah punya ekskul ini, tapi kalau di sekolahmu ada. Tidak ada salahnya mencari informasi dan bergabung dengan Sispala.

Marching Band

Apa yang paling mencolok di antara pasukan marching band? Yap, dirigen. Biasanya yang jadi dirigen itu adalah siswa yang lincah dan good looking. Posisi ini kerap menjadi rebutan, namun dirigen bukan satu-satunya posisi di dalam marching band, jika kamu punya minat terhadap beberapa alat musik, kamu bisa bergabung dengan ekskul ini. Ada drum, pianika dan sebagainya.

Ekskul Olahraga

Selain 8 organisasi di sekolah yang sudah disebutkan, masih banyak lagi ekskul lainnya yang berada di rumpun olahraga. Sebut saja basket, sepak bola, bulu tangkis dan sebagainya. Kamu juga bisa bergabung di ekskul ini jika kamu memiliki minat terhadap bidang olahraga, terutama di cabang-cabang tertentu.

Ekskul Seni dan Beladiri

Organisasi di sekolah terakhir yang bisa diikuti adalah ekskul yang berada di rumpun seni dan di rumpun beladiri. Misalnya tari, paduan suara dan sebagainya. Ini cocok bagi yang memiliki minat di bidang seni. Selain itu, ekskul beladiri juga menarik untuk diikuti. Ada banyak cabang beladiri yang mungkin ada di sekolah, beberapa yang paling umum adalah karate dan taekwondo.

Nah, itulah beberapa ekskul atau organisasi di sekolah yang bisa menjadi labuhan hatimu. Maksudnya, yang bisa kamu pilih untuk mengisi waktu sepulang sekolah dengan kegiatan bermanfaat. Memang sih itu akan menyita waktumu, tapi percayalah ketika kamu berusaha menyisihkan waktu untuk hal yang baik, kamu juga akan mendapatkan hal yang baik sebagai balasannya. Asalkan niat juga baik.

Nah, dari semua ekskul dari organisasi di sekolah yang sudah disebutkan, kamu tertarik untuk ikut yang mana? Semoga menyenangkan dan sukses ya.

19 thoughts on “10 Ekskul dan Organisasi di Sekolah yang Bisa Kamu Ikuti”

  1. Aku dulu ikut KIR dan PKS (Patroli Keamanan Sekolah).

    KIR senang karena eksperimen macem2. PKS senang karena bisa gk ikut senam dan upacara, tetapi berjaga d jalan sekitar sekolahan. Hahaha.

    Reply
  2. Ekstrakulikuler yang dulu pernah diikuti saat duduk dibangku sekolah itu Taekwonda dan Pramuka.
    Tapi lebih fokus ke Pramuka.
    Disana banyak ilmu yang didapat, diajarkan simpul, belajar kepemimpinan.
    Dan berkemah pun juga punya pengalaman tersendiri kala itu.

    Reply
  3. Aku ikut yang Jurnalistik di SMA. Cuma jalan 1 tahun. Udah gitu ekskul nya gak ada lagi yang ngurusin karna gak banyak yang minat. guru di sekolah pun gak ada yang terlalu paham Jurnalistik. Syukur lah bisa kontribusi 1 tahun..

    Reply
  4. Dulu sempat ikut pramuka aja, itupun karena wajib. Akhirnya nyesel pas sekolah gak ikutan ekskul apapun dengan baik.
    Jadinya pas kampus mulai deh membayar penyesalan itu dengan ikutan banyak kegiatan. Hehe

    Reply
  5. Dulu sewaktu masih jaman sekolah, saya lebih aktif mengikuti ekskul organisasi Olahraga. Karena selain hobi berolahraga dari kecil, juga bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. manfaat buat tubuh akan lebih merasakan kebugaran dan lebih sehat.

    Reply
  6. Saya dulu ikut pramuka aja, karena memang diwajibkan hehehe…..
    Kalau sekarang, saya sarankan buat adik-adik untuk aktif di kegiatan ekstra kurikuler, karena memang banyak manfaatnya

    Reply
  7. SMP kalo ga salah aku ikut Basket dan Seni (menggambar). SMA, kok aku lupa ikut apa ya?
    Dulu sih aku kagum aja yang masuk OSIS. Apalagi kalo ada Ketua OSIS lewat. Kayaknya udh jadi idola ciwi-ciwi tuh. Wkwkwk…Tambah lagi ybs, tebar pesona…
    Secara aku pendiem, engga ngomong kalo engga diajak ngomong. Haha…

    Reply
  8. Dari tulisannya, cuma 2 yg saya tak pernah ikuti, yaitu marching band dan bela diri. Hahaha. Saya termasuk murid yg candu berorganisasi dulu. Waktu SMP ikut MPK, UKS (Dokter Kecil), Pramuka, dan Kopsis (Koperasi Siswa), bahkan merangkap jadi sekretaris OSIS. Untung saya juara kelas, jadi guru-guru gak begitu 'cerewet' kalo saya ikut banyak bidang. Paling diingetin (sampai dibilangin ke orang tua), jangan sampai organisasi bikin prestasi akademik saya menurun.

    Pas SMA sama juga gilanya. Ikut Paskibra (jadi pembawa baki di kabupaten, tsaaah), ekskul basket, voli, ketua mading sekolah, sekretaris kelas, dan wakil ketua OSIS. Tapi sayangnya karena SMA pacaran, jadinya rangking saya turun. Eeeh saya lebih milih mutusin pacar ketimbang nonaktif dari organisasi. Hahahaha. Lucu ih kalo diingat lagi cerita jadul pas sekolah.

    Reply
  9. Waktu saya sekolah saya mengikuti eskul pramuka, karate dan English club. Biasanya eskul akan dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu, pengalaman berorganisasi ini sangat baik karena ketika kita sudah dewasa dan bekerja di kantor kita akan terbiasa dan dapat bekerja dalam tim yang solid.

    Reply

Leave a Comment