11 Alasan Masuk Rohis yang Paling Tepat Bagi Kamu

alasan masuk rohis
Setiap pelajar memiliki alasan tersendiri ketika memutuskan untuk masuk ke sebuah organisasi atau ekskul. Salah satunya adalah alasan masuk Rohis atau rohani islam. Pasalnya, Rohis menjadi salah satu organisasi di sekolah yang cukup populer di antara para siswa. Tentang kenapa Rohis menjadi populer tak lepas dari kegiatannya yang bernuansa islami dan dekat dengan pelajar yang menganut agama islam.
Nah, apakah kamu juga tertarik untuk masuk ke organisasi Rohis ini? Sebelum masuk, kami ingin menjabarkan beberapa alasan ikut rohis yang bisa menguatkan keinginanmu untuk bergabung dengan ekskul kece satu ini. Yuk, disimak.

Alasan Masuk Rohis di Sekolah

Setidaknya ada 11 alasan ikut rohis di sekolah yang bisa kami rangkumkan untuk kamu. Coba deh lihat, mana alasan yang sekiranya paling cocok untuk dirimu dan bisa meyakinkan kakak senior di Rohis, guru atau bahkan keluargamu.

Belajar Organisasi

Alasan ikut rohis pertama adalah belajar organisasi, alasan ini adalah alasan umum yang mana juga berlaku untuk organisasi di sekolah lainnya. Pengalaman organisasi akan sangat berguna bagi kamu jika kamu telah tamat sekolah dan kuliah nanti. Pengalaman ini akan dapat kamu gunakan saat bekerja di sebuah perusahaan kelak. Di rohis atau ekskul manapun kamu akan belajar bagaimana menjadi pemimpin dan bagaimana menjadi yang dipimpin.

Baca juga : Ini lho berbagai keuntungan memiliki pengalaman organisasi

Menambah Kenalan

Sudah rahasia umum kalau ikut ekskul di sekolah itu bakal meluaskan pergaulan kamu. Artinya, teman kamu akan semakin banyak karena berkenalan dengan semakin banyak orang. Bisa jadi itu sesama pengurus Rohis atau bahkan senior. Guru-guru dan alumni juga bisa kamu kenali, tentu hal ini dapat menambah relasimu, bukan?

Biar Terbiasa Sibuk

Percayalah, semakin sibuk seseorang semakin pandai dia mengelola waktu. Orang yang sibuk waktunya akan habis dengan hal-hal bermanfaat, sementara orang yang banyak waktu luangnya justru banyak mainnya. Coba deh ikut rohis dan cari kesibukkan, rasakan sensasinya.

Meningkatkan Soft Skill

Alasan masuk Rohis selanjutnya adalah untuk meningkatkan soft skill. Ini semacam kemampuan yang tidak diajarkan di kelas seperti kemampuan berbicara atau orasi, kemampuan sosialisasi, kemampuan memecahkan masalah hingga lobi. Kalau kamu sudah terbiasa tampil dan sibuk di organisasi, termasuk rohis, kamu bakal pede meskipun berbicara di depan orang banyak.

Meluaskan Wawasan

Ikut rohis bakal bantu menambah wawasan kamu. Wawasan di sini tentu saja adalah wawasan keislaman yang jadi poin penting keberadaan rohis. Pasalnya kalau berharap di mata pelajaran pendidikan agama islam yang diajarkan tidak seberapa, sementara masih banyak hal lain yang harus kamu ketahui.

Lebih Dekat Kepada Allah

Namanya juga rohis, tentu alasan masuk rohis untuk lebih dekat kepada Allah adalah yang wajib kamu miliki. Dengan melakukan berbagai hal bertema islam, kemudian berdakwah kepada teman-teman siswa, kamu akan terpacu untuk memperbaiki dirimu.

Ada yang Ngingatin

Teman-teman di rohis itu punya kebiasaan suka mengingatkan temannya yang lain. Misalkan kalau ada salah dalam perbuatan dan perkataan, diingatin. Kalau ada salah pemahaman, dilurusin. Kalau telat atau lalai ibadah, juga diingatin. Kemana coba dicari teman-teman yang mengingatkan pada kebenaran itu? Ya, cuma di Rohis.

Kecipratan Nilai Baiknya

Pernahkah kamu mendengar ungkapan bahwa “berteman dengan pandai besi maka akan kebagian arangnya, berteman dengan penjual parfum maka akan kebagian wanginya”. Nah, ikut kegiatan rohis dan berteman baik dengan anggotanya insyaa Allah bakal buat kamu kebagian wangi parfumnya. Kalau kata Opick, salah satu obat hati itu berkumpul dengan orang saleh. Nah, teman-teman di rohis ini adalah orang-orang yang belajar jadi saleh dan salehah.

Jalan Jadi Siswa Teladan

Tahukah kamu bahwa kecerdasan itu dibagi menjadi tiga, yaitu intelegensi (IQ), emosional (EQ) dan spiritual (SQ). Hebatnya rohis dibanding ekskul yang lain adalah membantu kamu mengasah EQ dan SQ kamu sekaligus. Kalau IQ ya bawaan dan hasil dari usahamu belajar. Nah, andai 3 aspek ini kamu sudah baik, bukan tak mungkin kamu jadi siswa teladan.

Memberi Manfaat

Bukankah manusia terbaik adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya? Begitulah kata baginda Muhammad saw. Ketika kamu gabung rohis dan aktif di sana, kamu akan punya peluang besar memberi manfaat bagi orang banyak.

Tidak Hanya Soal Islam Melulu

Alasan masuk rohis yang terakhir dalam artikel ini untuk membantah anggapan banyak orang kalau di rohis itu cuma belajar ngaji doang. Itu salah Sob, di rohis kita bahkan bisa belajar bisnis, kita bisa belajar menggunakan teknologi dan internet untuk menyebarkan kebaikan. Lagipula belajar Islam itu kan tidak cuma dengan ngaji, bisa dengan hal-hal lain selama masih ada kebaikan di dalamnya. Karena Islam itu universal, segala hal kebaikan ada di dalamnya.

Baca juga: 10 Ekskul dan Organisasi di Sekolah yang Bisa Kamu Ikuti

Nah, itulah beberapa alasan masuk rohis yang mesti kamu pertimbangkan. Semoga artikel ini bisa memberikan motivasi bagi kamu untuk bisa bergabung di ekskul yang insyaa Allah bermanfaat bagi dunia dan akhirat kamu. Jadi, kepoin dan gabung rohis di sekolahmu ya!

Leave a Comment