Tangguhnya ASUS ExpertCenter D300TA, PC Desktop Terbaik untuk Local Business Startup Saya

by | Apr 14, 2021

Sebagaimana hampir semua anak di dunia ini, saya juga paham bahwa nasehat orang tua itu pasti dilatarbelakangi oleh kepedulian mereka terhadap anaknya. Setidaknya itu juga lah yang mendorong dua orang perempuan hebat di dalam hidup saya–ibu dan tante (adik ibu saya).

Gak usah mikirin masa depan adikmu dulu, mereka pasti bisa mengusahakan kehidupan mereka sendiri” kata ibu dan tante. Mereka bersepakat memotivasi saya untuk bisa “kerja” dan mengusahakan nasib sendiri dulu sebelum memikirkan kesuksesan adik-adik.

Sejujurnya, bukannya saya tidak mau melaksanakan “titah” itu, tapi sebagai anak pertama, saya tidak bisa lepas dari pikiran-pikiran tentang bagaimana keluarga kami bisa maju. Terlebih kami adalah keluarga sederhana–kalau tidak bisa dibilang susah.

Sebagai Anak Pertama, Mendirikan Perusahaan Keluarga adalah Impian Saya

Kami sekeluarga sempat pusing memikirkan pekerjaan adik kedua saya (anak ketiga dari 6 bersaudara). Ia perempuan dan sudah sekian lama menganggur seusai tamat kuliah. Tentu saja keinginannya untuk bisa berkarir (dan mandiri) sangat menggebu-gebutidak jauh beda dengan orang yang menunggu bedug maghrib untuk buka puasa, hmm. Tapi apalah daya, pandemi menunda langkahnya untuk bisa merantau mencari kerja.

Meski saat ini ia sudah mendapatkan pekerjaan, hal yang ingin saya ceritakan adalah momen beberapa bulan sebelumnya, saat dia curhat bahwa dia pusing di rumah terus. Alhasil saya berinisiatif memodalinya untuk berjualan. Kami memesan puluhan daster untuk ia jual kembalidan alhamdulillah-nya laku.

Tapi bagi orang-orang tua, setidaknya orang-orang tua di kampung saya, belum bekerja namanya kalau belum berseragam kantoran.

“Itu berarti berdagang bukan termasuk pekerjaan?” tanya pembaca.

Hmm, jangan tersinggung ya, anggapan umum di kampung saya agaknya begitu, tapi saya pribadi berada di pihak yang kontra kok. Kontra pada persepsi tentang yang namanya bekerja itu harus berseragam atau berdasi, dan keluar rumah setiap hari. Gak begitu juga kali.

Tapi memang, muara anggapan tadi itu ke sini: “biar tampak berkelas di mata orang”. Aih, kesal sih mendengar orientasi pada pandangan orang itu, tapi tentu saja saya pendam.

Saya hanya mengatakan pada Ibu : “dia (adik saya) perlu bersabar sedikit, karena di masa pandemi ini serba susah. Andai saya punya perusahaan, saya langsung kasih dia pekerjaan”.

Ibu saya bisa saja menganggap itu sebuah “candaan”, tapi sebenarnya saya sudah memulainya. Membuat startup atau perusahaan rintisan secara swadaya. Yah, meskipun belum berbadan hukum saat ini–tapi siapa tahu ke depan sudah punya dan ada gedung (pencakar langit) sendiri, hehe.

Jasa dan Pasar Digital sebagai Local Business yang Saya Rencanakan

Bang, kalau abang gak ada uang, bilang saja ke saya, insyaa Allah ada yang bisa abang pinjam.” terang adik pertama saya, ia seorang lelaki yang kini hidup di tanah rantau sebagai programmer bersama istri dan anaknya.

Antara senang dan sedih, itu lah yang saya rasakan ketika mendengar perkataannya itu. Saya jadi betul-betul paham apa yang dirasakan oleh para pebisnis di penjuru dunia: seringkali dianggap tidak berdaya–kalau lah tidak diremehkan.

Hmm. Meski begitu, saya yakin si adik tidak meremehkan saya, hanya saja mungkin “sedikit kasihan”.

Eh. Tunggu,… tunggu,…

Saya tidak bermaksud menggugah empati Anda, jadi tolong jangan kasihani saya ya, hehe. Sebab Anda bukan adik saya. Eh.

Maksud saya, jika Anda khawatir karena “tone” tulisan ini yang terkesan mellow, tenanglah, itu sebatas pengantar yang saya ceritakan apa adanya. Nyatanya saya selalu berusaha optimis dengan semua rencana saya. 🙂

Saya memang belum punya pekerjaan tetap, tapi saya tetap bekerja, merintis bisnis digital yang sudah saya mulai dari awal tahun lalu.

Salah satu lini bisnis saya adalah jasa pembuatan landing page yang saya tawarkan di website lamanku.id. Alhamdulillah sudah puluhan klien yang saya bantu membuatkan laman promosi bisnis mereka. Mereka datang dari berbagai latar belakang, mulai dari orang penting di perusahaan sampai individu yang memulai bisnis berskala mikro.

Nah, di samping lamanku.id, saya punya satu domain lagi yang saat ini saya gunakan sebatas tempat nge-host landing page, padahal lebih dari itu, tujuan sebenarnya saya membeli domain itu adalah untuk membuat pasar digital atau setidaknya direktori produk lokal. Nama domainnya adalah kadai.idyang juga diambil dari kata lokal.

Dalam bahasa Minang, “kadai” berarti kedai atau toko. Yap, saya ingin membangun toko digital atau direktori produk di domain itu dengan memfokuskan produk-produk lokal Sumatera Barat di sana.

Beberapa contoh landing page yang saya desain

“Kok tidak langsung nasional saja?” mungkin begitu pikiran sebagian dari Anda.

Saya juga berpikir demikian pada awalnya, tapi memulai sesuatu dari skop yang lebih kecil tentu akan lebih rasional dan realistis, bukan? Yah, kembali ke terminologi usahanya tadi: startup atau perusahaan rintisan, saya ingin merintisnya dengan “membereskan” pasar di lokal terlebih dahulu.

Tidak ingin menjadi sebatas ide, saya coba buat business plan dalam sebuah mindmap sederhana. Yah, mana tahu ada pembaca yang mau jadi investor gitu. Eh. ~maunya

Selain alasan yang sudah saya sebutkan di atasyang saya cetak tebal tadi, ternyata membangun local business banyak keunggulannya juga lho. Mana tahu suatu saat Anda juga berminat membangun bisnis lokal–dan kita bisa bermitra. Nah, berikut berbagai keunggulan bisnis lokal.

Keunggulan Bisnis Lokal (Local Business)

Impak Signifikan

Bisnis lokal bergerak di sektor yang kecil sehingga ia dapat memberikan impak yang signifikan terhadap ekonomi lokal. Sebagai contoh pajak penjualan yang bisa dikumpulkan oleh kota atau provinsi terkait.

}

Menghemat Waktu

Sektor lokal akan membuat distribusi produk/jasa menjadi lebih cepat karena tidak membutuhkan perjalanan jauh. Bertemu dengan klien pun bukan hal yang sulit karena masih satu daerah.

Lapangan Kerja Lokal

Bisnis lokal juga akan membantu membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal sehingga mengurangi jumlah angkatan kerja yang menganggur di sebuah daerah di mana bisnis berlokasi.

Potensi Lainnya

Juga dapat mendukung wilayah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bisnis lokal membuat akun di bank lokal, menggunakan suplai lokal, berkegiatan sosial di wilayah dan lainnya.

Namun meskipun itu adalah bisnis lokal, untuk menjalankannya tetap butuh resources atau sumber daya. Sumber daya itu bisa berupa sumber daya manusia dan sumber daya teknologi informasi. Yah, karena memang rencana bisnis Kadai.ID bergerak di bidang teknologi informasi.

Nah, untuk SDM sih, menimbang karena ini adalah perusahaan rintisan, saya bisa memulainya sendiri terlebih dahulu. Saya akan mulai dengan melakukan brainstorming dan branding. Untuk sistem dan website-nya, saya bisa kerjakan sendiri namun tentu akan lebih bagus jika dibantu oleh adik saya.

Lebih lanjut, untuk melancarkan bisnis tersebut, saya butuh perangkat teknologi informasi yang mumpuni. Memang saya sudah punya laptop yang mumpuni–yang biasanya saya pakai untuk menulis copywriting hingga desain-mendesain. Tapi untuk jangka panjang, saya mesti menabung nih untuk membeli PC desktop agar bisa dipakai bersama-sama oleh saya dan tim nantinya.

Nah, jika harus memilih PC desktop yang tangguh namun tetap bersahabat di kantong pegiat startup seperti saya, maka saya akan menambatkan hati pada ASUS ExpertCenter D300TA. Kenapa? Yuk, simak alasan saya setelah ini.

ASUS ExpertCenter D300TA, PC Desktop Terbaik untuk Local Business Startup Saya

Baik PC desktop dan laptop sama-sama memiliki keunggulan masing-masing, jika laptop mudah dibawa ke mana-mana, maka PC desktop umumnya memiliki spesifikasi yang lebih baik dibanding laptop dengan harga yang sama.

PC juga bisa dihubungkan secara mudah dengan layar atau monitor yang lebar, baik tunggal atau pun banyak. Apalagi Kadai.ID bergerak di bidang multimedia, dukungan layar ganda (atau lebih) akan sangat berguna. Hal itulah yang membuat saya berencana mencari PC untuk “kantor” startup saya nanti.

Terlebih, belum lama ini, ASUS merilis ExpertCenter D300TA yang bisa dibilang sebagai budget desktop PC yang menarik hati. Nah, ini lho beberapa alasan yang membuat saya tertarik dengan PC desktop bisnis keluaran ASUS ini.

Performa yang Jempolan

Meskipun tergolong ke budget desktop PC, performa dari ASUS ExpertCenter D300TA tidak perlu diragukan. Pasalnya tower PC ini dibekali oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-10. Anda bisa memilih varian Intel Core i3 hingga Core i7 sesuai kebutuhan Anda. Kehadiran prosesor tersebut akan meningkatkan produktivitas berkat Intel® Optane™ yang mampu menyelesaikan banyak hal.

Meski ExpertCenter D300TA merupakan PC bisnis, prosesor Intel generasi ke-10 tadi juga memungkinkan Anda menikmati hiburan premium dengan teknologi grafis bawaan Intel® Iris®. Kemampuan overclock hingga 4 GHz lebih.

Performa ExpertCenter D300TA semakin jempolan berkat dukungan HDD+SDD hingga 4TB+1TB, RAM DDR4 terbaru dan pilihan GPU diskrit NVIDIA. Opsi ini memungkinkan PC digunakan untuk keperluan penyimpanan data dalam jumlah besar hingga grafis tingkat tinggi untuk pekerjaan olah visual.

Hmm, jadi bisa juga dipakai untuk menikmati tontonan atau game favorit bersama tim kecil di bisnis kita” batin saya.

Oh ya, for your information, semua komponen tadi dihubungkan oleh motherboard ASUS yang merupakan #1 di dunia karena menawarkan perlindungan sistem yang komprehensif untuk melindungi perangkat keras yang dilekatkan padanya. Selain itu, papan induk ini juga memungkinkan stabilitas 24/7 melalui pengujian ekstensi, dan kinerja yang konsisten.

Terjangkau di Kantong dan Upgradable

Alasan utama mengapa saya tertarik pada ExpertCenter D300TA sebenarnya adalah soal harganya yang menenggang atau terjangkau di kantong. Pasalnya, dalam membangun sebuah startup lokal tentu saja dana menjadi pertimbangan utama. Nah, ASUS ExpertCenter D300TA bisa dibawa pulang hanya dengan mulai Rp. 8.449.000.

Sedangkan alasan lainnya adalah karena PC desktop satu ini bersifat upgradable, kita bisa meningkatkan spesifikasinya dengan mengganti komponen-komponen jika diperlukan nantinya. Lagipula, sebuah bisnis mestinya harus berkembang, bukan? Semakin berkembangnya sebuah bisnis, tentu kebutuhan akan PC yang lebih bertenaga akan datang juga. ASUS mempertimbangkan hal ini dan menghadirkan ExpertCenter D300TA sebagai PC desktop yang kaya akan slot untuk upgrade.

Total Cost of Ownership yang Minimalis

Performa yang baik, harga yang terjangkau hingga mampu ditingkatkan atau upgradable membuat saya berpikir bahwa total cost of ownership/TCO atau total biaya kepemilikan ExpertCenter D300TA ini minimalis bagi bisnis. Sederhananya, Anda bisa mendapatkan komputer ini dengan mudah dan diberi keleluasaan untuk meningkatkan perangkat di dalamnya secara bertahap sesuai kebutuhan Anda. Tentu saja ini akan sangat menghemat biaya.

Banyaknya slot yang tersedia membuat PC ini bisa dipakai untuk waktu yang panjangjadi sebuah bisnis tidak perlu membeli PC baru secara berulang.

Ada 2 slot RAM bertipe DIMM untuk memudahkan upgrade ukuran RAM. Untuk penyimpanan, tersedia 2 x 3.5″ HDD ditambah dengan slot SSD 1 x M.2. Selain itu, tersedia juga 2 tipe slot PCIe yang memungkinkan pengguna untuk memasang kartu grafis tambahan. ExpertCenter D300TA bisa dibilang sebagai budget desktop PC yang mudah dikonfigurasi dan mampu mengimbangi kebutuhan pengguna dengan kemudahan untuk peningkatan.

Fitur Keamanan Lengkap untuk Mendukung Bisnis

Rencana bisnis Kadai.ID membuat saya harus mempertimbangkan keamanan terbaik bagi data-data perusahaan hingga data pelanggan atau klien. Bisnis yang bergerak di bidang pemasaran digital tentu akan “bergelimangan” dengan data. Dan data-data ini sama halnya dengan emas yang mesti dijaga kerahasiaannya serta dilindungi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nah, saya cukup lega dengan ASUS ExpertCenter D300TA karena memiliki fitur keamanan yang lengkap. Beberapa fitur keamanan unggulannya adalah sebagai berikut.

Mampu menyimpan kata sandi atau password dan kunci enkripsi untuk keamanan tambahan dengan fitur opsional Trusted Platform Module (TPM)

Cegah pencurian PC dengan adanya fitur Kensington Security and Padlock Slot. Ini akan membuat PC susah dipindahkan saat tidak dalam pantauan Anda.

Aktifkan dan nonaktifkan penggunaan perangkat USB atau drive optik dengan USB ports read/write control untuk menjaga data penting dari pihak tidak bertanggung jawab

Kaya Akan Konektivitas

ASUS ExpertCenter D300TA siap untuk menemani pekerjaan bisnis Anda dengan port I/O yang lengkap. Anda bisa menghubungkan PC ini ke berbagai periferal bisnis dengan port serial dan paralel yang fleksibel pada sasis bagian belakangnya.

Adapun port I/O yang tersedia adalah optical disk driver bay (opsional), microphone port, headphone port, 2x USB 2.0, 2x USB 3.2 Gen 1 di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang tersedia VGA port, HDMI port, 2x USB 3.2 gen 1, LAN (RJ-45), 2x USB 2.0, microphone port, line out port, line in port, serial port (opsional), parallel port (opsional). Untuk tata letaknya bisa dilihat pada gambar di bawah.

Kokoh dengan Standar Militer

Selain memiliki kemampuan untuk di-upgrade sehingga membuat ExpertCenter D300TA bisa tahan lama, fisik perangkat komputer ini juga semakin menunjang ketahanan tersebut. Berhasil melewati berbagai pengujian, ExpertCenter D300TA menyandang perangkat US MIlitary Grade MIL-STD 810G. Berikut beberapa pengujian yang berhasil dilewati oleh PC bisnis ini.

Vibration Test

Tahan getaran di rentang 5 – 500 Hz selama 1 jam ke segala arah

Shock Test

Tahan enam guncangan keras dengan kecepatan 150G/2.5ms mampu ditahan dengan baik

Operation Humidity Test

Mampu bertahan pada kelembaban 85%, 40°C selama 24 jam saat beroperasi

Non-operation Humidity Test

Mampu bertahan dari kelembaban 95%, 60°C selama 24 jam

High Temperature Test

Bertahan pada 50°C dengan power menyala selama 20 jam

Low Temperature Test

Bertahan pada 0°C dengan power menyala selama 20 jam

Thermal-shock Test

Tahan perubahan suhu yang tajam dari -10°C hingga 50°C

Package-drop Test

Paket mampu bertahan jatuh dari ketinggian 76cm, 10 kali di setiap arah

Cold-storage Test

Paket mampu bertahan -40°C selama 48 jam di dalam ruangan dingin

Damp-heat Storage Test

Paket mampu bertahan pada kelembaban 95%, 60°C selama 72 jam

Package-vibration Test

Paket mampu menahan getaran 5 – 200 Hz selama 30 menit

Tersedia Perangkat Manajemen untuk Bisnis

Nah, bagian ini tidak mungkin saya (dan tentu juga Anda) lewatkan. Oleh sebab ExpertCenter D300TA adalah PC desktop bisnis, tentu saja dukungan perangkat untuk manajemen bisnis menjadi daya tariknya. ASUS membuat kegiatan manajemen bisnis lebih mudah dengan desktop ini. Mereka menyematkan perangkat lunak yang bisa membuat pengguna mengontrol dan mengelola PC dari jauh.

Perangkat itu adalah ASUS Control Center yang merupakan rangkaian manajemen IT terpusat untuk memanajemen dan memantau perangkat keras dan lunak serta melakukan penjadwalan tugas melalui antarmuka berbasis web. Administrator sistem jadi bisa mengelola aset perusahaan dengan mudah melalui satu portal–meskipun berhalangan pergi ke kantor.

Selain itu juga ada fitur ASUS Business Manager yang memfasilitasi pengelolaan PC individu. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengontrol pergerakan data Pemblokir USB, memulihkan sistem ke status optimal, serta partisi virtual terenskripsi untuk menyimpan data penting.

ASUS Control Center

ASUS Business Manager

Keunggulan ASUS ExpertCenter D300TA nyatanya bukan hanya yang sudah saya tulis di atas saja. PC Desktop ini juga efisien dalam mengkonsumsi daya berkat sertifikasi 80 PLUS® Perunggu. Layanan purna jualnya juga sangat maksimal, Anda bisa mengakses tim support ASUS secara komprehensif 24 jam selama 7 hari penuh.

Lebih lanjut, tidak hanya menarik karena memberikan garansi global selama 3 tahun, PC ini juga dibuat dengan mempertimbangkan aspek eco-friendly di mana ia mengadopsi persyaratan lingkungan yang ketat di semua tahap siklus hidup produk.

Nah, jika Anda penasaran dengan spesifikasi lengkap ASUS ExpertCenter D300TA, saya lampirkan pada tabel di bawah ya.

Main Spec.ExpertCenter D3 Tower (D300TA)
ColorBlack
Operating SystemWindows 10 Home
Windows 10 Pro
ProcessorIntel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz, 8 cores)
Intel® Core™ i3-10100 Processor 3.6 GHz (6M Cache, up to 4.3 GHz, 4 cores)
Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz, 6 cores)
Intel® Core™ i5-10500 Processor 3.1 GHz (12M Cache, up to 4.5 GHz, 6 cores)
Intel® Core™ i5-10400F Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz, 6 cores)
ChipsetIntel® H410 Chipset
GraphicsIntel® HD Graphics 630
NVIDIA® GeForce® GT710 2GB DDR5 : 1x DVI, 1x D-SUB, 1x HDMI
NVIDIA® GeForce® GTX1650 4GB DDR6 : 1x DP, 1x DVI, 1x HDMI
MemoryUp to 64GB DDR4
StorageUp to 4TB HDD
Up to 1TB SSD
Optical Drive (Optional)
DVD writer 8X
Without optical drive
DVD reader 8X
Front I/O Ports1x Headphone
1x MIC in
2x USB 2.0 Type-A
2x USB 3.2 Gen 1 Type-A
Rear I/O Ports1x RJ45 Gigabit Ethernet
1x HDMI 1.4
1x VGA Port
3 x Audio jacks
2x USB 2.0 Type-A
2x USB 3.2 Gen 1 Type-A
Expansion Slots1x PCIe® 3.0 x 16
1x PCIe® 3.0 x 1
1x M.2 connector for WiFi
1x M.2 connector for storage
2x DDR4 U-DIMM slot
AudioHigh Definition 7.1 Channel Audio
Network and CommunicationWi-Fi 5(802.11ac)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 1*1
Wi-Fi 5(802.11ac)+Bluetooth 4.2 (Dual band) 2*2
Wi-Fi 6(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Power SupplyUp to
500W power supply (80+ Bronze , peak 550W)
Weight07.00 kg (15.43 lbs)
Dimension16.00 x 38.00 x 35.50 cm (6.30" x 14.96" x 13.98")
Warranty3 years (global)
PriceStart from Rp. 8.499.000

Terjangkau dan Tangguh, ASUS ExpertCenter D300TA Cocok untuk Bisnis Apapun Juga 

Nyatanya, mau bagaimanapun kita tidak bisa memaksakan orang lain untuk mendukung secara penuh rencana bisnis kita. Pandangan skeptis, acuh tak acuh bahkan kontra akan selalu ada. Toh, nahkoda yang hebat lahir dari laut yang ganas, bukan?

Pebinis yang hebat tentu juga lahir karena berbagai “ombak” yang dilaluinya.

Tapi saya ataupun Anda tidak perlu khawatir dan takut, toh meskipun kita tidak bisa memastikan dukungan orang lain pada bisnis kita, kita bisa memastikan dukungan perangkat terbaik untuk menapaki jalan kesuksesan bisnis itu.

ASUS ExpertCenter D300TA, yang sudah saya ulas tadi, bisa dibilang sebagai perangkat terbaik untuk mencapai kesuksesan bisnis kita. Jika saya sedang menyiapkan Kadai.ID, saya rasa Anda juga punya rencana bisnis masing-masing, bukan?

Jika memang demikian, Anda bisa kepo atau cari tahu lebih lanjut dulu nih tentang ExpertCenter D300TA, PC desktop terjangkau yang mumpuni untuk mengakselerasi produktivitas bisnis kita. Yuk, pelajari lebih lanjut di laman resmi ASUS, atau kunjungi ASUS Store dan toko komputer terdekat di kota Anda. Semoga kesuksesan menghampiri kita semua.[]

[Catatan Penulis] Beberapa foto didapatkan dari situs resmi ASUS, sedangkan yang lainnya dari stok penulis. Artikel ini original dan dibuat sesuai pandangan pribadi dan diikutsertakan dalam kompetisi menulis ASUS EXPERTCENTER – EXPERTBOOK WRITING COMPETITION

error: Content is protected !!