Tanya Veronika Asisten Virtual, Terobosan Keren dari Telkomsel

Sejujurnya, dulu sekali saya tidak menggunakan Telkomsel sebagai operator seluler saya. Namun seiring waktu berlalu, saya beralih karena memang saya butuh layanan seluler yang jaringannya luas dan pilihannya banyak. Dan Telkomsel memenuhi kriteria itu. Bagaimana tidak, produk Telkomsel yang beragam seperti simPATI, KARTU As, Loop dan kartuHalo bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Apalagi sekarang sudah ada fitur Tanya Veronika Asisten Virtual dari Telkomsel. Pelanggan jadi dimanjakan.

Omong-omong, Sobat Eduisi kartu selulernya apa nih sekarang? Kalau bukan Telkomsel, admin sarankan untuk beralih ke produk-produk Telkomsel. Kenapa? Ya karena jaringannya sudah tidak perlu diragukan, selain itu juga banyak promonya.

Nah, di kesempatan kali ini, saya akan ajak teman-teman untuk lebih mengenali Veronika, sang asisten virtual dari Telkomsel yang siap membantu kebutuhan pelanggan di manapun dan kapanpun. Jadi, disimak ya.

Kenalan dengan Veronika, Asisten Virtual Telkomsel

Kamu mungkin pernah dengar kalimat “tak kenal maka tak sayang”, tapi kalau kata saya sih “tak kenal maka ta’aruf”. Eh, ta’aruf apaan? Bukan soal proses menuju pernikahan itu. Ta’aruf secara umum berarti kenalan. Nah, sebelum kita membahas Veronika lebih jauh–apalagi sampai menanyainya dengan sebuncah pertanyaan, tentu akan lebih baik kalau kita kenalan dengannya dulu. Setuju?

Sederhananya, Veronika adalah asisten virtual Telkomsel yang sudah dirilis semenjak 24 Agustus 2017 lalu. Ah, kamu baru tahu ya kalau Veronika sudah tersedia sejak 3 tahun yang lalu? Kalau begitu, kita sama. Eh.

Tapi kalau kita usut betul nih Sobat Eduisi, cikal bakal Veronika sudah ada sejak dulu, mungkin sejak masa sebagian kamu belum punya handphone. Tapi dulu itu namanya Veronica, tepatnya ditulis VERONiCA.

Lantas, apa bedanya dengan Veronika sekarang?

VERONiCA dulu adalah singkatan dari Voice Response and Info Care yang merupakan mesin penjawab telepon ketika nomor yang dituju sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan. Lewat Veronica, penelpon bisa menitipkan pesan yang akan diteruskan jika nomor tujuan sudah terhubung dengan jaringan Telkomsel.

Saat ini, Veronica sudah ditingkatkan menjadi Veronika yang bisa membantu kamu mengetahui informasi terkait produk dan layanan Telkomsel.

Fungsi, Fitur Serta Kemudahan dari Veronika

Oh ya, sejauh yang kamu baca hingga saat ini, kamu pernah bertanya-tanya tidak, kenapa Veronika disebut asisten virtual? Jawabannya adalah karena Veronika merupakan chatbot atau robot percakapan yang siap mendengarkan kamu selama 24 jam penuh, di hari kerja ataupun hari libur. Jadi, fungsinya sebagai asisten virtual untuk kamu terkait layanan dari Telkomsel itu sendiri.

Lebih lanjut nih, Veronika dibangun dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang bisa memproses instruksi yang kamu masukkan melalui kolom chat. Kamu tidak perlu menunggu lama karena Telkomsel memberika banyak kemudahan dalam layanan Veronika seperti Fast Response, Easy to Access dan Multi Channel. Terkait channel atau kanalnya, nanti kita akan bahas. Admin masih ngasih kamu info tentang fitur-fitur yang disediakan di Veronika Telkomsel.

Ini lho beberapa fitur yang ada di layanan Tanya Veronika Asisten Virtual.

Profil Kamu

Omong-omong, ketika registrasi nomor dahulu, kamu registrasi sendiri atau tidak? Data pribadi adalah hal yang sangat penting dalam menggunakan sebuah layanan. Data-data itu umumnya tersimpan di dalam profil kita di layanan tersebut. Kamu bisa Tanya Veronika kalau mau tahu profil kamu di layanan Telkomsel.

Pulsa, Tagihan dan Telkomsel POIN

Veronika juga bisa membantu memberikan kamu informasi yang tepat dan lengkap mengenai penggunaan pulsa serta tagihan. Kamu juga bisa mengisi pulsa atau membayar tagihan dengan bantuan Veronika. Tidak hanya itu, informasi tentang Telkomsel POIN juga disediakan oleh Asisten Virtual Telkomsel tersebut.

Jelajahi Produk Telkomsel

Yang kita ketahui tentang produk Telkomsel barangkali tidak seberapa. Saya pribadi yang menjadi pengguna kartu simPATI dan KARTU As juga belum tahu secara menyeluruh tentang dua produk itu. Apalagi kalau soal Loop dan kartuHalo. Beruntungnya, Veronika bisa menyediakan informasi terkait semua produk Telkomsel itu lho. Kamu cukup bertanya pada Veronika.

Promosi

Jangan ketinggalan informasi promosi terkini Telkomsel, Sob. Pasalnya ada banyak promo yang berguna buat kita-kita. Biar tidak ketinggalan, kamu bisa tanya Veronika tentang apa promo yang sedang berlangsung lho.

Informasi GraPARI Terdekat

Memang tidak semua hal bisa dilakukan oleh Veronika, seperti misalnya kamu pengen updgrade kartu dari 3G ke 4G, kamu harus kunjungi GraPARI. Tapi tenang saja, Veronika bisa memberitahu kamu di mana lokasi GraPARI terdekat sehingga kamu tidak perlu tersesat.

Bantuan Lainnya

Selain apa yang sudah saya tuliskan di atas, Sobat Eduisi juga bisa Tanya Veronika untuk berbagai informasi lainnya. Saya pun percaya kalau Telkomsel akan terus meningkatkan Veronika agar bisa membantu lebih banyak permasalahan pelanggan.

Nah, cukup banyak juga kan fungsi dan fitur dari Veronika? Sudah pastinya itu sangat membantu kita-kita dalam mendapatkan informasi mengenai layanan seluler kita nih sobat. Ya, asalkan kamu tanya Veronika asisten virtual dengan pertanyaan relevan. Jangan tanya tentang kenapa fisika sulit atau bahkan minta selesaikan soal pekerjaan rumah ya!

Cara Tanya Veronika Asisten Virtual dengan Mudah

“Kapan kasih tau cara menghubungi Veronika?” tanya pembaca.

Oke siap!! Kali ini admin ingin ajak kamu mengetahui dan mencoba sendiri fitur Tanya Veronika Asisten Virtual di ponsel atau di laptop kamu. Siap gak Sob?

Tidak susah kok menghubungi Veronika itu. Veronika juga gak bakal cuekin kamu, karena ia selalu sedia menunggu kamu untuk bercakap-cakap dengannya, hehe.

Menghubungi Veronika Melalui Berbagai Kanal

For Your Information, ada 6 kanal atau saluran yang bisa kamu gunakan untuk menghubungi Veronika lho. Kanal-kanal itu adalah situs web Telkomsel, WhatsApp, LINE, Telegram, Facebook Messenger dan aplikasi MyTelkomsel. Setelah ini kita akan bahas satu-persatu secara detail.

Situs Web Telkomsel

Menghubungi Veronika melalui situs web Telkomsel bisa jadi pilihan terbaik jika kamu tidak bisa menggunakan ponsel pintar karena satu atau dua alasan tertentu. Untuk menghubungi Veronika via web, ikuti langkah ini Sob:

  • Kunjungi situs Web Telkomsel terlebih dahulu
  • Arahkan perhatian atau kursor kamu sudut kanan bawah
  • Klik gambar Veronika di bawah untuk membuka kotak percakapan
  • Mulailah percakapan dengan Veronika dan tanyakan apa yang kamu ingin ketahui
  • Kamu bisa verifikasi nomor HP juga agar dapat layanan maksimal
WhatsApp

Siapa yang tidak punya WhatsApp di zaman sekarang ini? Meskipun memang masih ada, tapi umumnya seseorang yang memiliki ponsel pintar ada WhatsApp di ponselnya itu. Nah, begini cara menghubungi Veronika lewat WhatsApp:

  • Kamu bisa simpan nomor Veronika dulu, ini nomornya 0811 1111 1111, atau bisa buka tautan https://tsel.me/wa3 juga
  • Mulailah buka chat baru dengan nomor WhatsApp nya Veronika
  • Buka percakapan dan mulai bertanya
  • Verifikasi nomor HP kamu untuk layanan yang lebih baik
LINE

Berikut cara menghubungi Veronika kalau kamu lebih prefer menggunakan LINE dari pada WhatsApp:

  • Temukan akun Telkomsel di LINE di @Telkomsel
  • Klik dan buka ruang chat dengan akun tersebut
  • Mulailah buka percakapan dan verifikasi nomor kamu
  • Tanyakan apa yang kamu butuhkan
Telegram

Aplikasi Telegram juga bisa digunakan sebagai saluran untuk menghubungi Veronika lho. Pada gambar yang kamu lihat di awal artikel tadi, saya memasukkan tangkapan layar saya chatting dengan Veronika di Telegram lho. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Telegram kamu
  • Carilah akun Telkomsel Care pada @Telkomsel_official_bot
  • Buka dan klik “Start”
  • Kamu bisa menyapa Veronika terlebih dahulu, lalu verifikasi nomor telepon
  • Tanya Veronika apapun yang kamu butuhkan terkait layanan Telkomsel
Facebook Messenger

Untuk menghubungi Veronika melalui FB Messenger, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Facebook atau Facebook Messenger kamu terlebih dahulu
  • Cari halaman “Telkomsel”
  • Klik tombol “Kirim Pesan” dan chat akan terbuka di Messenger
  • Beri sapaan pada Veronika, verifikasi nomor telepon dan mulailah bertanya
Aplikasi MyTelkomsel

MyTelkomsel adalah aplikasi resmi dari Telkomsel untuk pelanggan. Kamu juga bisa menghubungi Veronika melalui aplikasi ini lho, Sob. Caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel kamu
  • Klik “Menu” kemudian “Help Center”, di sana kamu akan temukan menu “Chat with Veronika”, klik itu
  • Ruang percakapan dengan Veronika akan terbuka, sapa Veronika terlebih dahulu
  • Ketika Veronika sudah merespon, kamu bisa bertanya sesuatu kepadanya

Tidak sulit bukan menghubungi Veronika? Kamu bisa memilih mana di antara kanal di atas yang ingin kamu gunakan.

Membuka Percakapan

Oh ya, dari tadi saya bilang sapa Veronika, tapi belum jelaskan bagaimana cara menyapanya. Ini penting banget untuk saya jelaskan agar kamu tidak salah menyapa Veronika. Jangan sampai kamu menyapa Veronika dengan Bu, Tante apalagi Sayang. Selain itu juga tidak bisa membuka percakapan dengan “p” doang.

Cara yang benar dalam menyapa dan membuka percakapan dengan Veronika adalah menggunakan kata “Hai” dan “Halo”. Jadi tuh, kamu tinggal ketikkan “Hai” atau “Halo” dan tunggu Veronika merespon kamu.

Informasi Terkait Kode Verifikasi (OTP)

Demi pelayanan yang maksimal, Veronika akan meminta kamu melakukan verifikasi nomor telepon. Setelah kamu memasukkan nomor telepon melalui ruang percakapan dengan Veronika, kamu akan mendapatkan kode verifikasi (OTP) atau tautan (link) yang bersifat rahasia. Gunakan kode/tautan tadi dan kirim ke ruang chat agar Veronika mengenali kamu.

Oh ya, ada beberapa aturan terkait kode OTP ini, mohon diperhatikan ya.

  • Kode dan tautan verifikasi hanya berlaku selama 3 menit, jika lewat kamu harus minta lagi.
  • Di samping itu, layanan Asisten Virtual Telkomsel Veronika akan terblokir selama 5 menit jika kamu salah mengisi kode sebanyak 3 kali.
  • Layanan Veronika juga akan terblokir selama 5 menit jika kamu meminta pengiriman kode hingga 3 kali.
  • Layanan Veronika akan terblokir selama 1×24 jam kalau kamu salah memasukkan kode sebanyak 9 kali.

Jadi perhatikan betul kode verifikasi agar kamu bisa menggunakan layanan Tanya Veronika Asisten Virtual dari Telkomsel ya.

Membatalkan Percakapan

Satu informasi lainnya yang tak kalah penting adalah cara membatalkan percakapan dengan Veronika. Kamu bisa mengetikkan “Batal” atau “Cancel” untuk membatalkan percakapan jika kamu ingin mengganti topik dan sebagainya. Jadi, Veronika nya jangan dicuekin dan dibikin bingung ya.

Tak Mesti ke GraPARI atau Hubungi Call Center Lagi

Sobat Eduisi yang berbahagia, sadar atau tidak, sejauh ini kamu sudah membaca lebih dari 1400 kata lho. Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa saya mau menulis ini sepanjang itu. Ya, salah satunya karena Telkomsel adalah operator seluler dengan pengguna lebih dari 160 juta. Oleh karena itu, saya merasa informasi ini bermanfaat buat pembaca Eduisi.

Selain itu, adanya fitur Tanya Veronika dari Telkomsel ini jadi bantuan yang besar bagi pengguna. Kita jadi tidak harus ke GraPARI atau menghubungi call center lagi untuk beberapa urusan tertentu. Lebih hemat waktu, tenaga dan ongkos juga, bukan?

Nah, setelah membaca penjelasan saya tentang Tanya Veronika Asisten Virtual, tertarik kah kamu untuk mencobanya? Jangan tunda lebih lama, Tanya Veronika sekarang dan dapatkan informasi penting dan bermanfaat bagi kamu. Kali aja ada promo paket internet yang bisa dipakai untuk sekolah/kuliah daring, bukan? Selamat mencoba.[]

10 thoughts on “Tanya Veronika Asisten Virtual, Terobosan Keren dari Telkomsel”

  1. Saya sedang butuh untuk ke GraPARI beberapa hari lagi, setelah membaca ini sepertinya saya akan menghubungi mbak veronika ini melalui aplikasi saja dulu, hehe

    Reply
  2. Sekian lama pake telkomsel baru tahu fungsinya veronika. Baru tahu juga kalau ada sapaan khususnya. Gini deh emang tak kenal maka tak tahu wkwk

    Reply
  3. bukan tiga tahun, si vero mah udah cukup umur utk nikah. jauh lebih tua dr anak2ku. sejak sma aku dah familier banget dg suaranya, “telkomsel veronika, anda dihubungkan dengan nomor … “

    Reply
  4. Asik ada Veronika si asisten virtual kita jadi lebih mudah untuk mengakses beberapa layanan Telkomsel, provider andalan banget nih karena sinyalnya juara lahh

    Reply
  5. Jujur saya baru tahu Veronica, karena saya bukan pengguna Telkomsel, hehe. Veronika bisa diakses lewat media yang dekat banget sama kita ya. Ada line, FB, WhatsApp.

    Reply
  6. Telkomsel provider andalan banget nih. Soalnya sinyalnya stabil meski di bawa mudik ke kampung. Dan sekian tahun lamanya berintetaksi dengan telkomsel, saya baru tahu ada layanan ini. Bener2 kalau nggak tahu itu nggak asik bgt

    Reply
  7. Yeay! Layanan ala Veronika kembali lagi. Sekarang mungkin yang paling mudah dihubungi via WA ya. Apapun pertanyaan mengenai layanan bisa ditanyakan ke Mbak Vero 🙂

    Reply
  8. Caranya mudahnya untuk chat dengan virtual Veronica dan bisa menggunakan aplikasi apa aja kebetulan nih lagi pengen membaharui informasi di Telkomsel tapi paling malas ngantrinya kalau di office-nya lama banget bisa Coba deh konsultasi dulu di Veronica virtual

    Reply

Leave a Comment

error: Content is protected !!