motivasi masuk osis

Salah satu organisasi yang bisa kita ikuti di sekolah adalah OSIS. Itu adalah kependekan dari Organisasi Intra Sekolah–sebagian sekolah ada juga yang menyebutnya Badan Eksekutif Sekolah (BES). Baik OSIS maupun BES adalah organisasi resmi yang mesti ada di setiap sekolah. Apakah kamu pernah mendengar, atau memiliki motivasi masuk OSIS?

Sebagai organisasi resmi, OSIS adalah organisasi siswa yang memiliki struktur yang jelas. Dimulai dari ketua umum, ketua lainnya, wakil, sekretaris, bendahara hingga koordinator atau kepala bidang. Nah, kali ini kita akan membahas motivasi ikut OSIS itu apa saja. Manatahu ini bisa menguatkanmu untuk bergabung dengan organisasi sekolah yang keren ini.

Motivasi Masuk OSIS yang Baik

Tahukah kamu, setiap orang yang masuk OSIS itu pasti memiliki motivasi. Motivasi atau alasan masuk OSIS ini kerap ditanyakan oleh kakak senior yang akan menyeleksi anggota baru. Nah, motivasi ini pun terbagi menjadi dua, yaitu motivasi yang baik dan motivasi yang tidak baik. Untuk pertama, mari kita bahas motivasi bergabung dengan OSIS yang baiknya.

#1 Mendidik diri menjadi pemimpin

Ketika bergabung dengan OSIS, kamu punya kesempatan untuk mendidik diri menjadi seorang pemimpin. Ketika kamu masih menjadi anggota biasa, kamu bisa belajar bagaimana kakak kelas dan/atau temanmu memimpin sebuah organisasi atau kepanitiaan. Seorang calon pemimpin yang baik adalah yang mau belajar, baik menjadi pemimpin atau menjadi orang yang dipimpin.

#2 Melatih kamu untuk disiplin terhadap waktu

Rapat dan kegiatan OSIS yang banyak memaksa kita untuk pandai membagi waktu. Apalagi jam sekolah kita sudah panjang, jam istirahat atau pulang sekolah juga terpakai untuk kegiatan OSIS. Ketika kamu mulai sibuk oleh kegiatan OSIS, kamu akan belajar untuk mengelola waktu dengan lebih baik. Itu berarti kamu melatih dirimu untuk disiplin terhadap waktu.

#3 Menambah teman atau relasi baru

Tidak dapat dipungkiri bahwa motivasi masuk OSIS sebagian orang adalah untuk menambah teman. Teman sekelas itu masih sedikit. Apalagi jika kamu hanya berteman dengan anak IPA, sementara anak IPS seakan jauh dari pergaulanmu. Nah, ketika masuk OSIS, kamu punya kesempatan untuk mengenal lebih banyak orang. Baik teman satu angkatan, maupun lintas angkatan.

#4 Belajar bekerja sama

Salah satu kemampuan yang akan sangat dibutuhkan di dunia kerja adalah kemampuan untuk bekerja sama atau team work. Kemampuan ini tidak bisa ada begitu saja lho, mesti dilatih. Nah, di OSIS kamu bisa melatih kemampuanmu dalam bekerja sama. Banyak kegiatan yang akan dilakukan bersama.

#5 Meningkatkan kemampuan komunikasi

Berinteraksi dengan sesama anggota OSIS akan membuat kamu semakin mahir dalam berkomunikasi. Seperti mengungkapkan ide dan pendapat. Melobi pihak-pihak sekolah. Berbicara di depan umum dan sebagainya. Kemampuan komunikasi itu sangat penting lho, itu akan membantumu menjadi orang yang terampil di sekolah, masyarakat dan dunia kerja nantinya.

#6 Melatih diri untuk bertanggung-jawab

Banyak siswa yang tidak mau masuk OSIS karena menurut mereka banyak kerjanya, dan itu benar. OSIS itu bukan tempat santai-santai. Banyak pekerjaan yang harus dilaksanakan. Sebagian besar siswa tidak siap untuk mengambil tanggung-jawab atas pekerjaan-pekerjaan itu, tapi ketika kamu masuk OSIS, kamu punya kesempatan melatih diri untuk bertanggung-jawab.

#7 Menjadikan diri lebih pemberani

Suatu ketika kamu diminta oleh pengurus OSIS menjalin komunikasi dengan guru, atau menghubungi OSIS di sekolah lain. Selain itu bisa menjadi pengisi acara seperti MC dan sebagainya. Hei, itu kan pekerjaan yang tidak mudah. Terlebih jika kamu orangnya pemalu. Tapi jangan takut, ketika kamu mau melakukan itu, kamu akan menjadi pribadi yang lebih berani.

#8 Punya kesempatan untuk dekat dengan guru

Motivasi masuk OSIS lainnya adalah agar kamu bisa dekat dengan guru. Ketika kamu tergabung menjadi anggota OSIS, kamu punya peluang untuk menjalin komunikasi yang lebih kepada guru-guru di sekolah. Misalnya untuk melaksanakan sebuah kegiatan. Ya, komunikasi yang baik dengan guru akan membuat kamu dikenal dan itu akan sangat berguna. Kalaulah tidak semua guru, minimal guru pembina OSIS-nya.

#9 Punya kesibukan yang positif untuk mengisi waktu

Memang ketika tergabung dengan OSIS kamu akan menjadi orang yang lebih sibuk, tapi ketahuilah bahwa kesibukanmu di OSIS itu adalah kesibukan yang bermanfaat. Artinya kamu bisa mengisi waktu dengan kegiatan yang positif. Ketimbang nongkrong entah di mana sepulang sekolah, atau menghabiskan waktu bermain game.

#10 Menambah isi daftar riwayat hidup (CV)

Motivasi bergabung OSIS yang terakhir adalah untuk menambah isi daftar riwayat hidup atau yang biasa disebut dengan curriculum vitae (CV). Kamu bisa menambahkannya di kolom pengalaman organisasi. Ini akan menjadi nilai tambah yang akan berguna saat mendaftar program pertukaran pelajar sampai mendaftar kerja.

Baca juga : Pengalaman Organisasi Itu Penting, Ini Lho Alasannya

Alasan Ikut OSIS yang Tidak Baik

Jika tadi kita sudah membahas motivasi masuk OSIS yang baik, rasanya tidak lengkap jika tidak menambahkan motivasi yang tidak baiknya. Saya sengaja menuliskan ini agar kamu tidak salah niat masuk ke OSIS-nya. Apa saja itu? Yuk kita bahas.

Ikut-ikutan dengan teman

Jangan masuk OSIS jika kamu hanya ikut-ikutan dengan teman. Itu adalah motivasi yang sangat lemah, sehingganya kamu tidak akan bisa maksimal saat berada di dalam tubuh OSIS. Carilah motivasi yang lebih baik seperti yang sudah dituliskan di atas.

Ingin menjadi terkenal

Anak-anak OSIS itu biasanya terkenal seantero sekolah, apalagi ketua dan pengurus hariannya. Cuma jangan jadikan “pengen terkenal” sebagai motivasi kamu bergabung dengan OSIS. Kamu akan menemukan kejenuhan dan tidak akan mau bekerja jika ternyata kamu tidak memperoleh keterkenalan itu.

Karena orang yang ditaksir ikut OSIS juga

Ada juga yang mau masuk OSIS karena yang ditaksir ada di sana. Please deh, jangan mengambil kesempatan orang lain kalau kamu masuk OSIS untuk alasan yang sepele seperti ini. Lagipula sekolah itu tempat belajar, bukan tempat cari pacar.

Coba-coba saja

Ada juga tuh yang masuk OSIS karena pengen coba-coba saja. Untuk orang dengan motivasi begini, udah jangan teruskan. Buat OSIS kok coba-coba. Nanti pas kerja, dicoba dikit eh gak enak, eh bikin capek, akhirnya mandat. Kan kasihan teman yang lainnya.

Pengen ospek adik-adik

Demi apa, ada juga yang pengen balas dendam atas perlakuan seniornya di orientasi atau ospek pas awal sekolah dulu. Dia masuk OSIS untuk melakukan hal yang sama pada juniornya. Untuk orang begini nih, tobatlah sebelum terlambat.

Baca juga : 7 Alasan Masuk Paskibra, Ekskul Terkece Setanah Air

Gunakanlah Alasan atau Tujuan Terbaik untuk Bergabung dengan OSIS

Pada akhirnya OSIS adalah organisasi yang amat sangat diminati di sekolah. Banyak siswa ini mengikut seleksi OSIS ini dan salah satu pertanyaannya pasti apa motivasi, alasan atau tujuan kita masuk OSIS itu. Memang, kamu bisa memiliki motivasi apapun, tapi gunakanlah motivasi yang baik-baik saja.

OSIS adalah tempat di mana kamu bisa belajar banyak hal, menemukan teman baru, melatih dirimu dan sebagainya. Memang akan cukup sibuk di OSIS itu, tapi bertahanlah. Ingatlah sebuah pepatah lama, bahwa berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Semoga sukses di sekolah ya.[]