Halo Sobat Eduisi, apa kabar? Omong-omong, percayakah kamu bahwa untuk bisa selamat selama di kampus yang kamu butuhkan bukanlah sebuah kepintaran semata? Alasan saya mengatakan demikian adalah karena banyak juga orang yang dasarnya pintar tapi masa studi di kampusnya lama. Kalau kejadiannya begitu, apa yang salah ya kira-kira. Mungkinkah karena mereka tidak tahu tips sukses di kampus?

“Emang ada tips nya?” tanyamu.

Tentu saja ada. Apapun dalam kehidupan ini butuh strategi, termasuk strategi agar kita bisa survive atau bertahan di kampus–di tengah berbagai halangan dan rintangan yang bisa menghampiri kita.

Kabar baiknya, kali ini Eduisi ingin berbagi denganmu cara sukses di kampus agar perkuliahan kamu bisa selamat.

Tips Sukses di Kampus yang Layak Kamu Coba

Jika dibandingkan dengan kehidupan sekolah, tentu saja kehidupan kampus jauh berbeda. Saat di sekolah, masih ada guru yang nyinyir untuk mengingatkan kamu, entah itu mengumpulkan tugas dan sebagainya. Kalau di kampus, mau kamu kumpul tugas atau tidak, dosen mah masa bodoh saja. Seorang mahasiswa itu sudah dianggap sebagai seorang yang dewasa, sehingga ia bertanggung jawab atas pilihan dan tindakan yang ia perbuat.

Nah, agar kamu bisa sukses di kampus. Berikut beberapa tips yang bisa kamu jalankan.

Kenali dan SWOT dirimu

SWOT merupakan singkatan dari strength, weakness, opportunity dan threat. Kamu perlu mencari tahu apa strength (kekuatan) kamu sehingga kamu bisa menggunakannya dalam mencapai tujuan. Di samping itu kamu juga perlu tahu apa weakness (kelemahan) kamu, agar kamu bisa mengatasinya demi mencapai tujuan kamu di kampus. Sementara opportunity adalah peluang yang bisa kamu ambil dalam rangka mencapai sukses di kampus. Jangan lupakan juga mengenali threat atau ancaman yang bisa membuat kamu terhambat dalam mencapai mimpi.

Contohnya begini, kamu tahu kalau kekuatan kamu di hitung-hitungan, maka maksimalkan nilai untuk mata kuliah yang terkait dengan hitung-hitungan. Sedangkan kamu lemah dalam hafalan, itu berarti kamu harus berjuang lebih keras seperti belajar lebih banyak agar kamu mengerti. Lalu peluangnya bisa jadi kamu satu kos dengan teman yang mahir menghafal, jadi kamu bisa belajar dengannya. Kalau ancamannya, mungkin soal ujian yang sulit diprediksi atau sebagainya.

Baca juga : 7 Cara Belajar Efektif Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Perbanyak kenalan atau relasi bahkan dengan dosen

Memperbanyak kenalan atau relasi juga jadi salah satu tips sukses di kampus lho. Ketika kamu memiliki banyak kenalan, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya saja kamu punya banyak teman yang bisa diajak belajar kelompok. Selain itu, relasi juga akan membantu kamu jika nantinya menghadapi berbagai persoalan. Bisa jadi ada kendala yang terkait aturan di kampus, tapi kamu kenal staf kampus atau bahkan dosen, tentu akan lebih mudah dalam menyelesaikan urusan, bukan?

Sering-sering bertanya kepada yang berpengalaman

Saya setuju sekali dengan pernyataan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Cuma permasalahannya, kalau kita masih baru tentu pengalaman kita masih sedikit. Oleh karena itu, kita bisa belajar pada orang-orang yang lebih senior dengan bertanya pengalamannya menjalani kuliah, menghadapi masalah tertentu dan sebagainya.

Apa pentingnya? Tentu saja penting, kamu bisa mendapat informasi tentang kiat mengambil mata kuliah tertentu, menghadapi dosen yang pelit nilai atau apapun itu. Kamu bisa belajar dari kesalahan orang lain, agar kelak tidak melakukan kesalahan yang sama.

Buang ego dan jadilah kooperatif

Ada masanya saat kamu menganggap dirimu bisa melakukannya sendirian, tapi ternyata tidak. Banyak orang yang berpikir saat kuliah ia tidak butuh bantuan orang lain, sehingga ia tidak juga memberikan bantuan. Padahal dalam hidup kita butuh saling membantu.

Saya sering banget mendengar kalau agar sukses kuliah itu kita mesti berpintar-pintar. Itu maksudnya bukan jadi jenius dan semata mengharapkan kemampuan intelegensi saja. Kamu juga perlu melatihan kemampuan emosional kamu agar bisa merasakan kesulitan orang lain. Yakinlah, ketika kita memudahkan urusan orang lain, Tuhan juga akan memudahkan urusan kita.

Jadilah kreatif dan idealis

Selain jadi kooperatif, tips sukses di kampus terakhir tapi tak kalah penting adalah menjadi kreatif dan idealis. Kreatif berarti mampu berimprovisasi dalam rangka mencapai tujuan sukses di kampus tadi. Misalnya, kamu tidak semata ke kampus untuk kuliah saja, tapi juga berorganisasi atau terlibat dalam kompetisi dan perlombaan tertentu yang bisa menambah nilai diri kamu.

Selain itu, jadilah idealis di saat yang sama. Orang yang idealis akan memegang teguh prinsipnya dalam mencapai sesuatu. Ia tidak akan menghalalkan segala cara karena ia tahu itu bertentangan dengan hatinya, dengan agama atau kepercayaannya. Ia tidak akan melakukan tindakan yang bertolak belakang dengan nilai-nilai yang berlaku.

Beberapa tips sukses di kampus yang sudah Eduisi tulis di atas itu mungkin tampak mudah, tapi percayalah bahwa menjalankannya tidak semudah membaca atau membayangkannya. Pastikan kamu menjaga niat kamu saat kuliah, pasalnya kebanyakan dari mahasiswa kuliah jauh dari orang tua, sehingga mereka mesti bijak dan disiplin terhadap diri sendiri. Siap untuk sukses di kampus? Semoga kesuksesan menyertai kita semua.[]

error: Content is protected !!