Suatu kali, di waktu senggang, seorang teman saya di kampus pernah berujar jujur. Katanya, dia sangat menyesal tidak punya pengalaman organisasi di kampus dulu. Memang dia pernah ikut beberapa organisasi kampus, tapi hanya menjadi seorang anggota yang pasif. Waktu itu dia tidak tahu apa manfaatnya bergabung di organisasi mahasiswa, tapi setelah tamat S1 dia baru merasakannya.

Tahukah kamu bahwa dunia kampus adalah dunia paling ideal untuk belajar? Maksud saya bukan cuma belajar mata kuliah yang ada di jurusan kita masing-masing, tetapi juga belajar hal lainnya terkait kemampuan lunak (bahasa kerennya softskill) kita. Hei, hanya di kampus seseorang bisa belajar menjadi presiden, gubernur, anggota dewan dan sebagainya. Hanya di kampus, seseorang bisa mengekspresikan diri dan mengembangkan minatnya dengan bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa yang beragam jenisnya.

Nah, bergabungnya seorang siswa atau mahasiswa di organisasi sekolah/kampus memberikan dia peluang untuk memperoleh softskill tadi. Jenis softskill yang bisa didapatkan juga banyak. Beberapa di antaranya adalah kemampuan komunikasi, lobi-melobi, public speaking dan sebagainya. Namun, apakah alasan berorganisasi di sekolah atau kampus hanya untuk mendapatkan softkill saja? Tentu saja tidak, kita akan bahas setelah ini ya.

Alasan Mengapa Memiliki Pengalaman Organisasi Itu Penting

Sahabat pembaca Eduisi yang budiman, mendapatkan softskill nyatanya bukan satu-satunya manfaat yang bisa kita dapatkan dari berorganisasi di sekolah/kampus lho. Setidaknya ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari pengalaman berorganisasi. Percayalah, kamu akan menyesal jika tidak menggunakan waktumu untuk bergabung dengan organisasi. Berikut beberapa alasan penting mengapa kamu harus berorganisasi.

Menambah Teman dan Membuatmu Mengenal Karakter Orang

Nyatanya masing-masing kita tumbuh di lingkungan yang berbeda, pola pendidikan kita juga berbeda, karena itulah meski kepada kita sama-sama hitam tapi isi dan pola pikir kita berbeda-beda. Ketika kamu bergabung dengan organisasi kampus, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih banyak karakter orang.

Memangnya apa pentingnya mengenal karakter orang?

Opss, jangan salah, ketika di dunia kerja kelak, pengetahuan mengenai karakter orang lain ini akan sangat berguna. Dengan itu kamu bisa bertahan di tengah kejamnya dunia kerja, bahkan bisa digunakan untuk mencapai karir yang cermelang.

Nah, selain dapat mengenal banyak karakter orang lain, pengalaman organisasi di kampus juga akan membuatmu mendapatkan lebih banyak teman. Lebih banyak teman lebih baik, bukan?

Membuatmu Terbiasa dengan Masalah

Lah, apa bagusnya terbiasa dengan masalah? Sejurus memang tidak ada gunanya, tapi ketika direnungi betul terbiasa dengan masalah itu banyak manfaatnya lho. Jika kamu sudah terbiasa dengan masalah, kamu tidak akan cemas lagi ketika mendapatkan masalah. Kamu akan lebih tenang menghadapi itu sehingga kamu pun bisa menyelesaikan dengan baik.

Tahukah kamu bahwa sebagai generasi muda kita punya peranan sebagai problem solver atau pemecah masalah? Ketika sudah terbiasa dengan masalah, masalah kecil tidak akan mengganggu pikiranmu, masalah besarpun bisa kamu hadapi dengan lebih tenang. Dan percayalah, setelah kamu tamat nanti masalah yang akan kamu hadapi lebih besar lagi, jadi ayo biasakan diri.

Mendapatkan Wadah Untuk Mengasah Kemampuan

Manfaat dari pengalaman organisasi lainnya adalah mendapatkan wadah bagi kita untuk mengasah kemampuan. Kemampuan apa saja yang bisa sekiranya bisa kita kembangkan saat di organisasi. Beberapa organisasi ada yang bergerak di bidang kegemaran tertentu, misalnya bidang seni. Ketika kamu memang minat di bidang kesenian, kamu bisa masuk organisasi ataupun ekskul tersebut. Selain itu juga banyak organisasi untuk jenis kegemaran lainnya.

Dan yang jelas, kamu bisa mengasah soft skill tadi saat kamu sudah punya organisasi tempatmu akan berkegiatan. Softkill ini tidak bisa dipelajari dengan tiba-tiba lho, mesti diangsur-angsur belajarnya. Jadi jangan menunda-nunda.

Berpeluang Menjadi Bintang Aktivis Kampus

Ketika kamu aktif di sebuah organisasi, tidak hanya pengalaman berorganisasi yang akan kamu dapat, tetapi juga peluang untuk terpilih menjadi bintang aktivis sekolah atau kampus. Ini sangat bergengsi lho, menjadi aktivis yang sukses itu adalah prestasi yang luar biasa, tentu jika kita bisa menjaga nilai akademik juga.

Sistem penilaian bidang aktivis itu dilihat dari seberapa aktif seseorang, jika kamu ikut organisasi dan sering terlibat di dalam kepanitiaan, kamu bisa mendaftar untuk mendapatkan penghargaan satu ini.

Pengalaman Organisasi Menambah Bobot Daftar Riwayat Hidup

Satu manfaat lainnya dari mengikuti organisasi adalah mendapatkan pengalaman yang bisa dituliskan di dalam daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV). CV yang dipenuhi oleh pengalaman organisasi biasanya mendapatkan perhatian lebih pada saat seleksi pekerja dan sebagainya.
Dengan kata lain, pengalaman berorganisasi membuat CV mu lebih berbobot!

Baca juga : 7 Alasan Masuk Paskibra, Ekskul Terkece Setanah Air

Carilah Pengalaman Organisasi Sebelum Tamat

Teman-teman pembaca Eduisi yang budiman, satu hal yang ingin saya akui sebelum menutup artikel ini adalah: saya menyesal tidak aktif di organisasi saat sekolah dulu. Saya selalu menolak ketika teman-teman saya mengajak bergabung dengan OSIS, MPK dan sebagainya. Waktu itu saya berpikir kalau ikut organisasi hanya akan menghabiskan waktu saya. Tapi ternyata, walaupun waktu saya tidak habis oleh organisasi tapi habis juga oleh kegiatan main ke warnet–main game online.

Waktu saya dan teman-teman yang aktif di organisasi sama-sama habis, tapi bedanya waktu mereka dihabiskan untuk kegiatan bermanfaat, sementara saya tidak. Nyesel banget deh waktu itu. Tapi, meskipun begitu, saya tidak mau benar-benar terlambat. Ketika masuk kampus saya ikut aktif di berbagai organisasi. Mulai dari lembaga dakwah kampus, badan eksekutif mahasiswa dan sebagainya. Manfaatnya terasa banget lho, saya jadi berani tampil di depan umum dan sebagainya.

Pada akhirnya waktu sekolah dan kuliah itu memang waktu yang indah teman-teman. Tapi ketahuilah, orang yang sukses di masa depan adalah orang yang berjuang di masa mudanya. Sekarang adalah masa muda kita, yuk cicil kesuksesannya dengan membekali diri dari kini. Dan, pengalaman organisasi adalah salah satu dari bekal itu.

Nah, apa kamu mau berbagi pengalaman organisasi mu juga? Kamu bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah lho.