5 Cara Mengatasi Bosan Saat Tengah Belajar Sendirian

Apakah kamu seseorang yag cepat bosan saat belajar? Baru beberapa menit saja belajar rasanya pengen udahan. Kamu tidak sendirian kok, sebagian besar pelajar di belahan dunia manapun kerap merasakan hal yang sama. Dan, tenang saja, “penyakit” ini bisa disembuhkan atau dicegah kok.

Perasaan bosan yang muncul saat belajar adalah sesuatu yang lumrah. Namanya juga belajar, menguras otak, ya beda dengan bermain atau berhibur. Percayalah, kamu bisa dengan cepat membunuh rasa bosan itu dengan cara-cara ini. Berikut cara mengatasi bosan saat belajar.

cara mengatasi bosan saat belajar

Cara mengatasi bosan saat belajar

Jeda sesaat untuk melakukan suatu hal lain

Memang belajar rentan dihinggapi oleh perasaan bosan. Ketika bosan ini datang, memaksakan terus belajar agaknya sangat sulit. Oleh karena itu, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah berhenti belajar, tapi sesaat saja, kamu bisa melakukan hal lain seperti menggambar di kertas lain untuk sebentarnya saja. Membuat tipografi dan lainnya, atau bahkan mengatur meja belajarmu.

Cari cemilan

Tak ada salahnya jika kamu mencoba mencari cemilan yang diletakkan di samping meja belajar. Kamu bisa membuat peraturan untuk dirimu sendiri, seperti apabila menyelesaikan satu soal maka kamu berhak makan 1 biskuit. Semakin banyak soal yang kamu selesaikan, semakin banyak biskuit yang bisa kamu makan. Menarik, bukan?

Eh, tapi jangan diakalin biar biskuitnya cepat habis ya, tegaslah pada diri sendiri.

Belajar bareng teman lebih asik

Belajar sendiri memang rentan akan kebosanan, oleh karenanya akan lebih baik jika kamu mencari teman belajar. Buatlah kelompok belajar dan belajarlah bersama. Selain bisa mengusir kebosanan, kamu juga bisa berbagi pengetahuan dengan yang lain. Misalnya jika ada yang lebih paham dengan materi, dia bisa mengajari.

Cuma, kamu perlu pasang niat yang benar saat belajar bareng teman, jangan sampai nantinya masih ngerumpi atau hal yang jauh dari niat awal tadinya.

Pindah posisi atau ganti suasana

Jangan terpaku pada satu suasana, ketika kebosanan menghampiri kamu, cobalah pindah tempat belajar. Coba sesekali belajar di taman, di perpustakaan atau di teras rumah. Pikiran kamu akan lebih terbuka ketimbang berdiam diri dalam ruangan saja.

Atau kalau memang tidak bisa keluar rumah, coba deh pindah belajar dari kamar ke ruangan tamu, atau ke teras di mana kamu bisa dapatkan suasana baru.

Motivasi dirimu sendiri

Terakhir, kamu juga mesti mendorong dirimu sendiri dengan memotivasinya. Ingat-ingatlah tujuan besar dan cita-cita yang kamu punya. Tanyakan pada dirimu sendiri, apakah orang yang cepat bosan dalam belajar berhak untuk tujuan atau cita-cita itu.

Nah, itulah cara mengatasi bosan dalam belajar. Bagaimana menurutmu? Jika kamu punya cara lainnya, jangan sungkan untuk membagikannya di kolom komentar ya.

Leave a Comment