alasan masuk paskibra

Salah satu ekskul yang bergengsi menurut saya adalah Paskibra, itu adalah kependekan dari pasukan kibar bendera. Itu lho, pasukan keren yang menyita perhatian di upacara-upacara bendera baik di skala sekolah, lurah, kecamatan sampai nasional. Saya pribadi dulu pernah diikutkan di paskibra, tapi gak bertahan lama, karena saya tidak punya bakat di situ. Namun, jika kamu punya minat bergabung di sini, kita akan baha alasan masuk paskibra di sekolah atau di manapun setelah ini.

Jujur, saya terkagum-kagum dengan anak-anak paskibra pada saat sekolah dulu, seragamnya keren dan mereka bergerak super teratur. Rasanya kamu sependapat dengan saya, bukan? Jika kamu memang memiliki mimpi ikut gabung paskibra, berikut beberapa alasan masuk paskibra yang bisa menguatkan hatimu.

Asalan Masuk Eskul Paskibra

Di antara berbagai alasan untuk ikut ekskul paskibra, beberapa alasan yang akan saya tuliskan ini agaknya bisa menjadi alasan utama kamu untuk bergabung dengan ekskul terkece, terkeren, dan ter.. ter… lainnya se Indonesia Raya ini.

Meningkatkan rasa nasionalisme

Ketika kamu bergabung dengan ekskul paskibra, secara langsung ataupun tidak, kamu akan belajar memupuk rasa nasionalisme di dalam dirimu. Bendera yang akan kamu kibarkan itu, tidak didapatkan dengan perjuangan yang biasa. Ada darah para pejuang di sana, ada banyak harapan rakyat di sana. Ikut dengan ekskul paskibra memberikan kamu banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan sang saka merah putih. Itu akan membangun sikap menghargai terhadap simbol negara, yang berarti akan memupuk rasa nasionalisme.

Belajar baris-berbaris

Satu kegiatan yang tidak mungkin terlepas dari paskibra adalah kegiatan baris-berbaris. Baik saat di tengah upacara ataupun pada saat latihan. Baris-berbaris ini gak gampang lho teman-teman, banyak gerakan yang mesti kamu mahirkan. Kamu juga akan belajar bagaimana mengatur tempo agar serentak dan serasi dengan pasukan lainnya.

Belajar cara mengibarkan bendera dengan baik

Bendera merah putih itu memiliki sejarah panjang yang luar biasa. Nilai keberadaannya bagi bangsa juga sangat luar biasa. Itulah mengapa kita diminta hormat kepada bendera saat sedang dikibarkan. Nah, karena luar biasanya nilai bendera Indonesia ini, mengibarkannya membutuhkan teknik dan cara yang tepat. Itu akan kamu pelajari ketika masuk ke dalam ekskul paskibra.

Meningkatkan kedisiplinan diri

Alasan masuk paskibra lainnya adalah untuk meningkatkan kedisiplinan diri. Kok gitu? Kamu tahu kan bahwa jadwal dan aturan latihan di ekskul paskibra itu ketat. Kamu juga harus memikirkan anggota pasukan lainnya saat berbaris, alias tidak memikirkan diri sendiri. Di saat inilah kamu akan berlatih untuk menekan egomu sendiri. Artinya, ikut paskibra bisa menjadikanmu pribadi yang lebih disiplin dari biasanya.

Mendapatkan bekal pengetahuan tentang negara

Tidak hanya diajarkan baris-berbaris dan cara mengibarkan bendera, anggota paskibra juga diberikan pengetahun mengenai negara Indonesia. Pengetahuan itu meliputi sejarah dan sebagainya. Pengetahuan ini sangat berguna sekali bagimu, agar kamu bisa menjadi warga negara Indonesia yang seutuhnya.

Memahami arti kekeluargaan dalam perbedaan

Satu hal yang cukup rumit dalam latihan paskibra adalah menyeleraskan gerakan semua anggota pasukan. Pasalnya setiap orang pasti memiliki karakter yang berbeda-beda, meskipun hanya di paskibra sekolah. Apalagi jika sudah masuk sebagai anggota paskibraka untuk upacara peringatan kemerdekaan RI di istana negara. Itu mah anggotanya sudah campuran dari berbagai daerah. Ketika masuk paskibra, kamu akan belajar bagaimana menghargai orang lain, memupuk rasa kekeluargaan meskipun memiliki banyak perbedaan.

Punya kesempatan untuk mengibarkan bendera di istana negara

Salah satu mimpi anggota paskibra agaknya menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera di upacara kemerdekaan RI di Istana Negara. Bagaimana tidak, itu adalah sesuatu yang amat sangat bergengsi dan bisa menjadi bagian sejarah yang hebat di kehidupan kita. Nah, ketika kamu ikut menjadi anggota paskibra di sekolah, kamu punya kesempatan untuk bisa mengikuti seleksi menjadi anggota paskibra di perayaan kemerdekaan RI di Istana Negara itu.

Nah, paskibra adalah salah satu ekskul yang bisa siswa ikuti di sekolah. Ekskul ini banyak diminati oleh siswa maupun siswi lho. Oh ya, paskibra hanya satu dari banyaknya ekskul yang ada di sekolah. Kamu bisa juga mengikuti ekskul lainnya. Kenapa harus ikut? Karena pengalaman organisasi itu sangat penting. Kalau tidak percaya, kamu bisa membaca artikel kami di bawah ini.

Baca juga : Pengalaman Organisasi Itu Penting, Ini Lho Alasannya

Jadi, apakah ada ekskul paskibra di sekolahmu? Jika ada, coba deh tanya sama senior atau teman yang sudah tergabung di sana. Barangkali kamu juga bisa bergabung dan mendapatkan berbagai manfaat di situ. Itulah artikel mengenai alasan masuk paskibra. Semoga bermanfaat.