Alasan Penting Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik

alasan mengapa kita harus menghemat listrik

Saya teringat suatu hukum di dalam pelajaran fisika, hukum itu bernama hukum kekekalan energi. Apakah kamu juga masih mengingatnya? Di dalam hukum kekekalan energi disebutkan bahwa energi tidak diciptakan atau dimusnahkan tetapi dapat diubah bentuk dari suatu bentuk ke bentuk lainnya. Salah satu energi ini adalah energi listrik, dan kali ini kita akan membahas mengapa kita harus menghemat listrik.

Konon, listrik adalah sumber kehidupan. Coba kamu bayangkan bagaimana kehidupan manusia di dunia jika tidak ada listrik. Beberapa waktu yang lalu terjadi black out di Jakarta dan sekitarnya, jutaan orang menjadi panik. Sebab jika listrik tidak ada, banyak hal yang tidak berjalan sebagaimana seharusnya.

Nah, sebagaimana hukum kekekalan energi tadi, listrik tidak ada begitu saja lho, ia diubah dari energi lainnya. Karenanya ada beberapa alasan kenapa kita mesti menghemat energi listrik.

Ini Lho Alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Energi Listrik

Jika kamu bertanya-tanya mengenai alasan mengapa kita harus menghemat energi listrik, saya akan menjelaskan beberapa alasan kuat mengapa kita harus melakukan itu. Berikut adalah alasan-alasan tersebut:

Menghemat listrik berarti menghemat uang

Tidak bisa dipungkiri bahwa listrik itu tidak gratis, alias kita perlu membayar sekian uang setara dengan berapa banyak energi yang kita keluarkan. Jika kita tidak bisa menghemat listrik, maka uang yang kita keluarkan akan semakin besar. Oleh karena itu, menjadi masuk akal jika menghemat uang menjadi alasan menghemat listrik yang pertama. Terlebih lagi harga listrik per kWh yang terus naik dari waktu ke waktu.

Menghemat listrik berarti menyelamatkan bumi

Alasan mengapa kita harus menghemat listrik lainnya adalah untuk menyelamatkan bumi. Lho kok menyelamatkan bumi? Iya, soalnya sebagian besar energi listrik itu ada dari bahan bakar fosil. Nah, bahan bakar fosil seperti batu bara itu menghasilkan gas CO2 yang bisa merusak lapisan ozon di atmosfer bumi kita. Ketika lapisan ozon rusak maka terjadi pemanasan global yang membawa dampak buruk bagi kehidupan. Sisa pembakaran dari bahan bakar fosil juga berbahaya bagi kesehatan lho.

Ada artikel menarik tentang ini yang bisa kamu baca di sini lho : kiat hemat energi.

Menghemat listrik berarti mengurangi beban pembangkit

Tahukah kamu bahwa kebutuhan listrik yang besar membebani pembangkit? Setiap pembangkit itu punya kapasitas listrik yang dihasilkan. Jika kebutuhan listrik terlalu besar, maka pembangkit terpaksa bekerja lebih dari beban biasanya. Hal itu akan memperpendek umur pembangkit tadi dan membuatnya cepat rusak.

Hematlah Listrik Untuk Kebaikan Kita Bersama

Banyak orang yang tidak terlalu peduli dalam menggunakan listrik, mau banyak tagihannya ya terserah. Wong dia banyak duitnya. Nah, orang yang seperti itu adalah orang yang tidak peduli terhadap masa depan bumi. Menghemat listrik bukan semata untuk kebaikan kita sendiri tetapi kebaikan orang lain.

Banyak cara yang bisa kamu coba dalam menghemat listrik lho. Beberapa contohnya seperti mematikan TV kalau tidak menonton, mencabut kabel cas hape atau laptop jika tidak lagi dipakai. Mematikan lampu jika tidak diperlukan. Tidak sering-sering menggunakan setrika dan peralatan yang butuh energi besar lainnya.

Baca juga : Manfaat Belajar Fisika Bagi Kehidupan Itu Ternyata Begini

Nah itulah beberapa alasan mengapa kita harus menghemat listrik. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat ya. Jangan lupa bagikan agar lebih banyak orang yang tahu.

Jadi, sudahkah kamu menghemat listrik hari ini? Yuk hemat listrik sebagai bentuk perhatian kita terhadap kelestarian bumi.

Leave a Comment