Kuliah ke luar negeri memang impian sebagian orang, namun bagi sebagian orang lainnya hal tersebut bukan sesuatu yang menarik. Semua itu tergantung pribadi masing-masing. Tapi, mau setuju atau tidak, mengetahui keuntungan dan alasan kuliah ke luar negeri cukup menambah pengetahuan kamu. Sehingga, minimal, ketika ditanya kenapa ngotot kuliah ke luar negeri, kamu sudah punya alasan yang pas.

Tapi, kalau boleh jujur, apakah kamu pernah punya impian kuliah ke luar negeri? Jika pernah, bergembiralah karena sekarang belum terlambat sama sekali. Jika kamu adalah siswa SMA, kamu bisa mengambil peluang S1 ke luar negeri. Jika kamu adalah mahasiswa, ada banyak program S2 dan S3 yang keren di luar negeri. Yang penting, kamu harus menemukan alasan yang tepat untuk go abroad dulu.

Nah, berikut ini adalah 5 alasan kenapa harus kuliah ke luar negeri.

Alasan kuliah ke luar negeri

Cari pengalaman baru

Merantau ke negeri orang sudah pasti bakal memberimu pengalaman baru. Kuliah di luar negeri akan memberikan pengalaman yang benar-benar baru. Kamu bakal ngerasain hidup sebagai orang asing. Selain itu kamu juga akan mendapatkan prespektif atau cara pandang yang baru.

Kalau biasanya kamu hidup serba mudah, saat kuliah jauh di luar negeri kamu bakal ngerasain pahitnya hidup susah. Hebatnya lagi, saat jauh di luar negeri kamu bakal makin cinta dengan tanah airmu, Indonesia.

Ketika rasa cinta itu tumbuh, kamu akan berpikir untuk dapat berkontribusi di negeri tercinta ketika kamu telah tamat nantinya.

Standar pendidikan yang lebih baik

Faktanya, standar pendidikan di luar negeri memang lebih baik dari dalam negeri. Selain itu ketersediaan fasilitas yang cukup akan menunjang kegiatan belajarmu. Terlebih jika menyangkut riset serta akses ke penelitian-penelitian internasional yang tidak semua kampus di dalam negeri yang menyediakannya.

Tapi bukan berarti di dalam negeri standar pendidikannya tidak bagus ya, hanya saja standar yang diberlakukan di negera maju dengan negara berkembang tentu berbeda. Nah, jika kamu dapat kesempatan kuliah di luar negeri, kamu bisa membawa nuansa pendidikan di sana ke Indoenesia setelah kamu tamat nantinya.

Prospek kerja yang lebih cerah

Lulusan luar negeri bakal dipandang lebih baik daripada lulusan dalam negeri. Hal itu akan berbanding lurus dengan gaji yang akan ia dapatkan ketika telah bekerja nanti. Secara kepribadian pun seseorang yang kuliah jauh dari negeri sendiri akan matang dan tangguh menghadapi segala rintangan yang menghampiri.

Prestisius

Benar banget kalau kuliah di luar negeri itu prestisius banget. Tapi bukan berarti boleh menyombongkan diri. Mereka yang kuliah di luar negeri dapat menaikkan status sosialnya dan keluarganya sehingga lebih dipandang di mata masyarakat.

Akan menyenangkan

Yap, akan menyenangkan ketika bisa berkenalan dengan orang-orang berbagai ras. Berbicara dengan bahasa asing. Mempelajari budaya hingga kondisi alam yang berbeda. Semua hal-hal baru yang kamu temui saat kuliah di luar negeri adalah pengalaman yang sangat berharga dan menarik untuk diceritakan pula dikenang.

Tapi mungkin mencari alasan kuliah ke luar negeri bagi kamu yang perempuan agak lebih sulit ya. Pasalnya banyak orang tua kita yang menganggap perempuan tidak mesti kuliah tinggi-tinggi. Jika kamu menghadapi masalah ini, kamu bisa temukan alasan kuat untuk membantahnya di tulisan kami berikut ini.

Baca juga : 7 Alasan Kenapa Perempuan Harus Berpendidikan Tinggi

Masih banyak alasan mengapa harus kuliah di luar negeri lainnya, mungkin juga alasan pribadi kamu sendiri. Yang jelas, jangan pernah kuliah ke luar negeri kalau tidak punya alasan yang jelas. Dan, satu lagi, jangan pernah coba-coba, buat pendidikan kok coba-coba. Salam semangat. Semoga kamu dapat kesempatan untuk mencoba kuliah di luar negeri ya.