Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Seluk-beluknya

jurusan kesehatan masyarakat
Bagi calon mahasiswa yang punya minat tinggi kuliah di bidang medika, barangkali sudah tidak asing lagi dengan jurusan kesehatan masyarakat. Pasalnya, jurusan satu ini termasuk dalam jajaran jurusan kuliah favorit bagi calon mahasiswa baru. Namun sudahkah kamu tahu seluk beluk tentang jurusan bergengsi satu ini?
Nah, kali ini kami akan mengulas mengenai jurusan kesehatan masyarakat atau ilmu kesehatan masyarakat yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Public Health.

Jurusan Kesehatan Masyarakat Itu Kece

Profesor Winslow dari Universitas Yale mendefinisikan ilmu kesehatan masyarakat sebagai ilmu dan seni dalam mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, edukasi kebersihan individu, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya. (sumber: Wikipedia)
Secara sederhana, jurusan ini mempelajari hal-hal manajemen, edukasi dan penanganan dini dalam ilmu kesehatan. Dengan ruang lingkup yang besar, jurusan kesehatan masyarakat memiliki keterbutuhan yang tinggi di lapangan pekerjaan.

Ruang Lingkup Ilmu Kesehatan Masyarakat

Sebagaimana yang sudah kami singgung di atas, ruang lingkup ilmu kesehatan masyarakat itu sangatlah luas. Luasnya ruang lingkung itu membuatnya menjadi ilmu multidisiplin, maksudnya adalah berbagai disiplin ilmu terlibat dalam satu kesatuan ilmu kesehatan masyarakat ini. Dengan demikian, tentu saja mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat akan mempelajari banyak hal mulai bagian kimia, biologi, administrasi, manajemen, psikologi, pendidikan dan sebagai macamnya.
Setidaknya, ada 9 garis besar hal yang dipelajar dalam jurusan medika satu ini. Garis-garis besar tersebut adalah sebagai berikut:

Epidemiologi dan Biostatistika

Epidemiologi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit serta fakor yang terkait di tingkat populasi, sedangkan biostatistika adalah gabungan dari ilmu biologi dan statistika dengan kata lain penerapan ilmu statistik dalam biologi.

Kesehatan Lingkungan

Secara sederhana, ilmu kesehatan lingkungan mempelajari interaksi dinamis antara lingkungan dengan manusia serta dampak-dampak lingkungan terhadap resiko permasalahan kesehatan pada kelompok manusia atau masyarakat. Air, limbah, makanan, minuman dan aspek lainnya menjadi konsentrasi segmen ini.

Pendidikan Kesehatan dan Perilaku

Di jurusan kesehatan masyarakat, seorang mahasiswa juga akan mempelajari mengenai pendidikan kesehatan dan perilaku. Sebab, dalam rangka meningkatkan dan menjaga kesehatan masyarakat, kontrol terhadap faktor perilaku ini sangatlah penting.

Administrasi Kesehatan Masyarakat

Di samping mempelajari mengenai ilmu eksakta, di jurusan kesehatan masyarakat kamu juga akan belajar bagaimana mengelola administrasi kesehatan masyarakat. Itulah mengapa lulusan ilmu kesehatan masyarakat dibutuhkan di rumah sakit.

Gizi Kesehatan Masyarakat

Dalam rangka meningkatkan dan memelihara kesehatan masyarakat maka perlu juga diperhatikan mengenai gizi. Oleh karena itu, hal ini juga sangat penting untuk dipelajari.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Di sektor industri, lulusan jurusan kesehatan masyarakat dibutuhkan pada bagian kesehatan dan keselamatan kerja. Penting bagi mereka untuk mengedukasi para pekerja agar dapat bekerja dengan baik dan menjaga kesehatan mereka, terlebih bagi industri yang lingkungannya sangat beresiko terhadap kesehatan.

Kesehatan Reproduksi

Bagian lainnya yang dipelajari dalam jurusan kesehatan satu ini adalah kesehatan reproduksi.

Sistem Informasi Kesehatan

Pengelolaan informasi dalam bidang kesehatan harus dilakukan dengan benar, oleh karena itu dibutuhkan orang-orang yang paham dengan sistem informasi. Salah satu aspek dalam ilmu kesehatan masyarakat adalah sistem informasi kesehatan itu sendiri.

Surveilans Penyakit Menular dan Tidak Menular

Surveilans berarti pengamatan secara terus menerus mengenai perkembangan sesuatu, dalam hal ini yang diamati adalah penyakit menular dan tidak menular sehingga dari pengamatan itu dapat ditemukan kesimpulan yang sangat berguna untuk menangani masalah kesehatan tersebut.

Baca juga : Apa itu jurusan perhotelan dan seluk beluk tentangnya

Nah itulah tadi ulasan singkat mengenai jurusan kesehatan masyarakat. Intinya, jurusan satu ini adalah jurusan yang tersedia hanya bagi mereka yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap kesehatan masyarakat. Kamu yang punya rasa simpati yang tinggi, rajin dan tekun cocok untuk mencoba jurusan bergengsi satu ini. Tapi, tetap saja, dalam memilih jurusan kuliah tidak bisa sembarangan agar tidak menyesal. Pastikan kamu mempertimbangkannya dengan benar dan setelah itu berjuang sebaik-sebaiknya pada apa yang sudah kamu putuskan.

1 thought on “Jurusan Kesehatan Masyarakat dan Seluk-beluknya”

Leave a Comment