Kenapa Fisika Sulit? 7 Penyebab Ini Paling Mungkin Terjadi

Apakah kamu adalah siswa SMA/sederajat? Kalau begitu, apa pelajaran yang paling sulit menurutmu? Jika kamu adalah anak IPA barangkali kamu akan menjawab fisika. Sebagian besar siswa takut banget deh dengan pelajaran ini, tapi sebenarnya kenapa pelajaran fisika sulit? Apakah ia benar-benar sulit?

Sebenarnya selain fisika pelajaran lain juga sulit, tapi kalau dilihat-lihat sih memang fisika yang paling banyak dianggap sulit. Alasan kenapa pelajaran fisika sulit cukup banyak lho, kami mencoba menguraikannya satu persatu untukmu, dan kami akan berikan solusi bagi kamu agar bisa menaklukkan pelajaran fisika dengan lebih mudah.

Penasaran bagaimana? Yuk simak!

Alasan Kenapa Fisika Sulit

Pelajaran fisika dinilai sulit oleh banyak pelajar bukan tanpa sebab lho. Setidaknya ada beberapa sebab yang membuat fisika ditakuti oleh sebagian pelajar pelajar. Sebab-sebab itu adalah sebagai berikut:

1. Terlalu banyak rumus yang ada di pelajaran Fisika

Seketika mendengar kata fisika, salah satu hal yang terbayang di pikiran kita kemungkinan besar adalah rumus-rumus. Ya, bagaimana pun pelajaran fisika memang dipenuhi oleh berbagai macam rumus. Selain rumus juga ada hukum-hukum yang mesti dipahami. Hukum Newton saja ada 3 hukum. Belum hukum Bernoulli, hukum Archimedes dan sebagainya. Jadinya, duduk di kelas belajar fisika beberapa jam itu seperti menjalani hukuman. “Ini kapan kelasnya kapan kelarnyaaa” jerit sang batin.

Solusi

Oke, rumus-rumus memang menjadi alasan kenapa fisika sulit, tapi itu bisa diatasi lho. Caranya adalah dengan memahami besaran pokok dan besaran turunan.

Kok gitu? Iya, soalnya rumus-rumus fisika itu pasti mengandung besaran ini. Misalnya tekanan dengan satuan Pascal (Pa), satuan Pa kayaknya bikin bingung ya, tapi Pa itu sebenarnya nama dengan N/m2. Sementara N (N) itu satuan dari Gaya/Force, dan m2 adalah satuan dari luas.

Itu berarti Tekanan = Gaya/Luas atau dalam rumusnya P = F/A Percayalah, rumus-rumus fisika tidak akan membuatmu bingung kalau kamu menguasai ilmu mengenai besaran pokok dan besaran turunan. Itu juga lah alasan mengapa materi tentang besaran diajarkan duluan.

2. Guru fisika kebanyakan killer dan tidak piawai menjelaskan materi

Apakah di sekolah atau kampusmu pengajar fisika itu “killer”? Ketika duduk di bangku kelas X dahulu saya pernah dipelintir oleh guru fisika saat itu. Itu sudah sangat lama, tahun 2007 lalu. Saya rasa guru fisika sekarang tidak main fisik, tapi mungkin kamu tetap tekanan batin karena “kekerasan” verbal kali ya?

Nah, pelajaran fisika itu pada dasarnya memang tidak mudah dipahami, dan lebih tidak mudah lagi untuk mengajarkannya. Itulah mengapa sering guru-guru kita terbawa emosi karena harus menjelaskan berkali-kali. Dan bahkan ketika pun mereka sudah menjelaskan dengan baik, kita juga tidak mengerti dan menganggap beliau tidak pandai mengajar. Duhai, betapa durhakanya kita sebagai murid.

Solusi

Solusi untuk masalah ini adalah kamu memang harus belajar dahulu di rumah sebelum mempelajari materi di sekolah atau kampus. Catatlah bagian mana yang tidak kamu mengerti dan tanyakan kepada pengajar saat di kelas. Percayalah, guru fisikamu akan sangat senang jika ada murid yang bertanya.

3. Kurangnya alat peraga yang bisa membantu kita memahami pelajaran fisika

Alasan lainnya kenapa fisika sulit adalah kurangnya alat peraga yang bisa membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Sebagai contoh pelajaran mengenai tata surya tapi diisi dengan cerita-cerita saja. Itu hanya akan membuat siswa membayangkan, dan bisa jadi bayangannya tidak tepat.

Solusi

Guru (dan siswa) bisa berinisiatif membawa alat peraga ke dalam kelas. Meski mungkin bukan semuanya, tapi bisa sebagian yang mudah diadakan saja. Misalnya dalam mempelajari hukum Archimedes, guru atau siswa bisa membawa gelas, wadah, air dan batu sebagai peraga. Begitu juga dengan materi-materi lainnya.

4. Kebanyakan teori tapi jarang praktek

Saya jadi teringat ketika masih SMA dulu, waktu itu hanya sekali-dua kali kami masuk ke labor fisika. Itupun ramai-ramai jadi cuma bisa dengar guru berceramah. Teori fisika itu banyaknya luar biasa lho teman-teman. Yang dipelajari di sekolah itu baru kulit-kulitnya. Itu belum masuk fisika terapan seperti termodinamika, mekanika fluida dan sebagainya. Cara terbaik agar fisika lebih mudah dimengerti memang memperbanyak prakteknya.

Solusi

Guru sebaiknya memberikan waktu bagi siswa untuk melakukan praktikum di beberapa modul saja. Hal ini agar pelajaran lebih mudah diserap oleh siswa atau pelajar.

5. Metode mengajar guru tidak bervariasi

Alasan lainnya kenapa fisika sulit adalah metode mengajar guru yang tidak bervariasi. Misalnya guru hanya menulis di papan tulis dan menerangkan dengan suara. Sepanjang semester seperti itu, hal ini akan membuat siswa menjadi bosan dan kesulitan untuk mengerti pelajaran fisika yang diajarkan itu.

Solusi

Guru dapat mencari metode pengajaran lainnya agar ada penyegaran dalam proses belajar mengajar. Misalnya dengan membuat kelompok diskusi, menggunakan video terkait materi atau metode lainnya.

6. Siswa yang menyerah duluan

Sebagian siswa yang mengatakan fisika itu sulit biasanya karena sudah menyerah duluan sebelum mencoba mengenali pelajaran fisika lebih dalam. Padahal kata orang tak kenal maka tak sayang. Ketika kita sudah mengenali fisika itu secara lebih dalam, kita bisa lebih mencintainya dan memahaminya dengan baik.

Solusi

Coba kenali fisika lebih dekat. Cari tahu juga manfaat belajar fisika dan sebagainya. Agar kamu sadar bahwa belajar fisika itu ada gunanya. Dengan demikian semoga fisika lebih mudah untuk dipahami. Oh ya, terkait manfaat belajar fisika bisa kamu baca di bawah lho.

Baca yuk : Manfaat Belajar Fisika Bagi Kehidupan Itu Ternyata Begini

7. Salah kaprah mengenai fisika harus dihafal

Alasan lainnya kenapa fisika sulit adalah banyaknya orang yang salah kaprah terhadap pelajaran fisika. Mereka mengira pelajaran fisika sama seperti pelajaran sejarah yang sebagian besarnya harus dihafal. Ya, gak sama lah bro dan sist. Fisika itu akan lebih mudah ditalukkan jika kita pahami materinya. Solusinya ya itu saja, pahami fisika itu, jangan dihafal.

Kesudahannya, seringkali kita tidak mengerti suatu hal itu bukan karena itu sulit, melainkan kita yang tidak mau meluangkan waktu yang lebih untuk mempelajarinya lebih dalam.

Nah, 7 hal di atas barangkali menjadi alasan mengapa fisika sulit. Tapi percayalah, jika kita mau belajar lebih serius, fisika itu akan lebih mudah untuk dipahami. Semoga nilai fisika mu bagus ya.

Leave a Comment