Manfaat Belajar Fisika Bagi Kehidupan Itu Ternyata Begini

manfaat belajar fisika

Suatu hari saya pernah membawa sebuah benda dengan bidang yang lebar di atas motor. Bidang lebarnya saya hadapkan ke depan, namun itu benar-benar sulit. Angin mendorong saya ke belakang dan energi saya terkuras untuk menahan tubuh saya agar tidak terjungkit ke belakang.

Ah, andai saja saat itu saya ingat pelajaran fisika. Mungkin saya bakal memegang benda itu di samping. Dan, tahukah kamu bahwa manfaat belajar fisika bagi kehidupan kita itu banyak lho. Kita akan bahas nanti ya.

Tak bisa dipungkiri, Fisika menjadi mata pelajaran yang tidak hanya ditakuti oleh anak sekolahan (khususnya jurusan IPA) melainkan juga anak kuliahan yang di tahun pertamanya mesti ambil kelas Fisika Dasar! Mengenai mengapa fisika itu dianggap sulit, saya sudah pernah bahas ini di artikel sebelumnya. Kamu bisa membacanya di tautan di bawah lho. Psstt, rugi kalau gak baca!

Baca yuk : Kenapa Fisika Sulit? 7 Penyebab Ini Paling Mungkin Terjadi

Salah satu hal yang membuat fisika sulit adalah banyaknya rumus yang harus kita pahami. Tapi percayalah, ketika kamu memahami rumus dan materi di fisika itu, akan banyak manfaat belajar fisika yang bisa kamu dapatkan.

Manfaat Belajar Fisika Bagi Kehidupan Sehari-hari

Bagaimanapun, ilmu apapun yang kita pelajari membawa manfaat masing-masing jika kita bisa memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari, tidak terkecuali Fisika. Mungkin kamu pernah mendengar nama Albert Einstein, Issac Newton, Nicolas Tesla hingga Stephen Hawking. Mereka semua adalah fisikawan lho, dan lihatlah betapa hebatnya kontribusi dari ilmu mereka terhadap kehidupan manusia di dunia.

Berikut beberapa manfaat belajar Fisika yang perlu kamu ketahui.

Manfaat belajar fisika itu bisa membuatmu lebih menghargai kehidupan

Fisika membahas banyak hal dari kehidupan kita. Mulai dari daun yang jatuh dari pepohonan, putaran bumi, matahari dan alam semesta. Di ilmu fisika kita juga mempelajari bagaimana listrik bisa ada. Di samping itu, kita belajar banyak hal lainnya mengenai kehidupan ini.
Kamu ingat tidak rumus tekanan (P)? Yap, benar.

Tekanan (P) = Gaya (F) / Luas area (A)

Lantas, apa hubungannya dengan kehidupan kita? Ada lho. Tekanan akan menjadi besar jika kita banyak gayanamun menjadi kecil jika luas areanya diperbesar. Luas area ini adalah hati. Jika tekanan hidup kita terasa besar, cobalah luaskan hati atau berlapang dada, serta jangan banyak gaya. Selain itu banyak hukum lainnya di fisika yang bisa kita ambil hikmahnya di kehidupan sehari-hari.
Mempelajari fisika bisa membuatmu lebih menghargai kehidupan.

Baca juga : Alasan Masuk IPA yang Bisa Mengatasi Kegalauanmu

Memudahkan pekerjaan kita

Ingatkah kamu tentang pelajaran pesawat sederhana? Apa yang kamu pikirkan saat mendengar materi itu pertama kalinya? Jujur, saya pikir itu adalah pesawat bersayap yang sering berseliweran di langit kita itu, tapi ternyata jauh panggang dari api, dugaan saya salah.

Salah satu pesawat sederhana adalah katrol, itu lho yang biasa digunakan pada timba atau ember di sumur konvensional. Menggunakan katrol untuk menimba air akan mempermudah kita ketimbang menimba air dengan ember bertali saja. Makanya, salah satu manfaat belajar fisika adalah memudahkan pekerjaan kita, termasuk ilustrasi membawa benda lebar yang saya sebutkan di awal tadi.

manfaat belajar fisika katrol

Membantu kita dalam menciptakan inovasi

Ketika kamu berhasil menguasai berbagai konsep di ilmu fisika, kamu bisa menggunakannya untuk membuat berbagai inovasi atau penemuan dalam kehidupan sehari-hari. Saya jadi teringat salah satu mainan yang saya buat ketika kecil dahulu. Eh, salah dua deh. Yaitu mobil mainan dari kotak korek api (dengan sistem pull back) dan petasan busi motor. Kedua mainan itu menggunakan ilmu fisika lho dalam operasionalnya.

Selain untuk membuat mainan, ilmu fisika juga bisa digunakan untuk membuat berbagai penemuan dan alat yang bisa membantu kehidupan kita sehari-hari. Alat apa saja? Kamu bisa menemukannya, atau tanyalah pada guru/dosenmu apa yang bisa dibuat dengan menerapkan ilmu fisika. Dan jika mereka mengatakan pesawat dan mobil, itu mungkin adalah motivasi agar kamu menjadi seorang insinyur di masa yang akan datang.

Oh ya, ada video tentang petasan busi di sini lho. Tapi mohon perhatian, main petasan itu tidak baik.

Melatihmu untuk bisa menyelesaikan masalah dengan logis

Poin ini mungkin memang terletak di akhir artikel kita, tapi ini sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan kita lho. Ketika menyelesaikan persoalan fisika ataupun memahami materinya, kita dituntut untuk mampu berpikir logis. Kerangka berpikir dalam pelajaran fisika ini akan membiasakan kita menyelesaikan masalah dengan logis juga. Konon, tidak ada orang yang hidup tanpa masalah di dunia ini bukan?

Lantas, bagaimana kerangka berpikirnya?

Pertama kita perlu mengetahui masalahnya apa. Kedua ketahuilah faktor-faktor yang mempengaruhinya. Setelah itu baru cari penyelesaiannya. Apa kamu tahu kenapa ban sepeda motor atau mobil dibuat bergerigi? Kenapa tidak datar saja? Hei, saya tidak akan memberikan jawabannya untukmu. Kamu bisa mencari tahunya sendiri. Kenapa? Karena ilmu yang diusahakan sendiri dalam mendapatkannya akan lebih lekat di pikiran kita.

Pada akhirnya kita telah sampai di akhir tulisan ini. Sekarang, bagaimana menurutmu? Apakah fisika itu penting untuk dipelajari? Setelah membaca banyak manfaat belajar ilmu fisika ini, tentu kamu mesti lebih gembira di kelas fisika ya! Dan ketahuilah, apa yang saya tulis di atas belumlah semua manfaat dari mempelajari fisika, masih banyak yang lainnya.

Selamat belajar.

20 thoughts on “Manfaat Belajar Fisika Bagi Kehidupan Itu Ternyata Begini”

  1. Pernah dulu pas SMK dpt nilai terbaik untuk mapel fisika. Agak sulit memang karena harus memahami rumus. Tapi kalau serius belajar, ternyata mudah juga

    Reply
  2. Fisika memang dapat kita jumpai dikehidupan sehari hari.
    Menimba air menggunakan ember, itu juga termasuk ilmu fisika.
    Ya memang dalam hal belajar dikelas tentu banyak yang kurang menyukai fisika, banyak rumus yang harus dikuasai.

    Reply
  3. Dulu si mikir buat apa belajar fisika, matematika dan lainnya. Toh faktanya dalam keseharian ngak digunain, tapi sekarang udah dewasa ngerti kalo semua ilmu tentu ada manfaatnya.

    Reply
  4. Prinsip fisika dasar itu penting banget untuk dipelajari. Bahkan konsep-konsep sederhana semacam air mengalir ke bawah mengikuti gravitasi saja sangat penting. Utamanya bagi anak-anak usia TK ke atas. Mereka akan senang dengan fakta-fakta ini. dan mereka akan semakin bersemangat belajar.

    Reply
  5. Ilmu fisika memang sangat penting bagi kehidupan sehari. Ilmunya dibituhkan. Perhitungan matetamatis harus diketahui untuk membuat/memperbaiki sesuatu atau malah kehidupan sehari2. Bahkan misalnya gaya pengungkit. Sayangnya. ilmu fisika di sekolah terlalu banyak yang dijejalkan sehingga sedikit yang tertinggal. Malah lingkungan yg mengajarkan gaya pengungkit, misalnya.

    Reply
  6. Saya sempat protes ketika diharuskan masuk jurusan A1 (Fisika) pas SMA..ternyata sekarang terasa manfaatnya terutama mengenai kelistrikan …dan pumbling ….ilmu pasti itu bermanfaat di kehidupan sehari2 ..

    Reply
  7. Kadang-kadang karena banyaknya hitung-hitungan membuat pelajaran fisika waktu sekolah terasa berat banget dan gak ada manfaatnya. Padahal secara praktis ya kehidupan ini penuh dengan fisika ya.

    Reply
  8. Bener, Uda… fisika itu penting sekali bagi kehidupan sehari-hari… saya selalu sharing sama anak2 saya demikian… gak boleh alergi dg fisika. Lihat tuh David Beckham mau cetak gol pinalty aja ngitung dulu, perkiraan tinggi gawang, jarak posisinya ke gawang dan arah lengkungan bola. Itu bolanya pakai gaya sentrifugal apa sentripetal. Nah,, perlu kan belajar fisika. Anak saya senyum2, jd suka fisika. Nice share, Uda…

    Reply
  9. Eh…aku geli lho menganalogkan antara rumus Tekanan (P) dengan kehidupan sehari-hari. Kalau engga mau banyak tekanan, jangan banyak gaya. Hehe…Walaupun aku mikir juga sih dikembalikan ke percobaan di lab fisika, ini percobaan yang mana ya?
    Aku jadi mikir rumus-rumus Fisika yang lain, misalnya menembakkan peluru kenapa harus sudut tertentu, ada percepatan, ada kecepatan. Huf…udah lupa…

    Reply
  10. Sejak SMP saya tidak suka Fisika. Tapi, begitu masuk SMA saya diajarkan Fisika oleh guru yg menyenangkan. Nilai-nilai saya pun cukup memuaskan dan sejak itu hingga lulus saya menjadi suka pelajaran ini. Saya berpendapat, guru yg baik adalah guru yang berusaha membuat mata pelajarannya menarik di mata siswa yang mungkin saja tidak tertarik. Benar, Fisika adalah ilmu yang sangat aplikatif untuk kehidupan.

    Reply
  11. Jaman sekolah dulu saya termasuk yang takut sama pelajaran fisika. Udah mumet duluan lihat rumus-rumus, apalagi disuruh hafalan. Pas kuliah cuma 1 semester dapat matkul ilmu alamiah dasar, nggak pure fisika, jadi nggak terlalu mumet.

    Reply
  12. Sebenarnya tanpa sadar banyak sekali kita mengaplikasikan prinsip-prinsip ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari ya. Dari yang paling sederhana sampai yang rumit
    Belajar fisika tentunya akan jadi menyenagkan kalau kita menyadari manfaatnya yang langsung mengena sama keseharian kita

    Reply
  13. Duh, saya dulu paling ampun sama pelajaran Fisika ini, tapi berhubung anak saya pengen jadi ahli robotik jadi harus mulai arahin and ibunya juga ikutan belajar lagi. Biar gak kaya saya yang fisikanya merah semua hehehe. Apalagi sekarang banyak aplikasi belajar yang memudahkan untuk belajar dan memahami fisika jadi lebih fun ya.

    Reply
  14. Nah itu dia kak… yg kurang adalah pemahaman fungsi fisika dalam kehidupan… bukan menghapal rumus agar lulus… ketika lulus..lupa tuch semua rumus… dan dibutuhkan kerja keras guru agar membuat fisika menjadi menarik…

    Saya baru menikmati pelajaran matematika ketika sma, saat itu guru saya pa Martin, mengenalkan konsep rumus matematika buat sehari hari.. seru jadi bisa dipraktekkan

    Reply

Leave a Comment