10+ Prospek Kerja Fisika Setelah Tamat Kuliah

Fisika adalah salah satu program studi ataupun jurusan di dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurusan Fisika dapat disebut sebagai salah satu jurusan ilmu murni. Jika kamu masih bingung tentang apa itu ilmu murni, gampangnya ia adalah ilmu dasar dalam sains yang bisa diturunkan menjadi ilmu-ilmu lainnya. Informasi tentang itu pun mudah dicari, namun info mengenai peluang atau prospek kerja fisika setelah tamat kuliah agaknya masih terbatas.

Oh ya, meskipun tidak berkuliah di jurusan Fisika, jurusan kuliah saya dulu masih bisa disebut sebagai fisika terapan. Jujur, pelajaran fisika itu cukup sulit. Alasan mengapa fisika itu sulit sebenarnya juga sudah saya tulis di blog ini. Sobat Eduisi bisa membacanya nanti kalau misalkan sudah selesai membaca artikel ini.

Tanpa memperpanjang mukadimah lagi, yuk kita bahas apa saja prospek kerja lulusan fisika tersebut!

Baca juga : Kenapa Fisika Sulit? 7 Penyebab Ini Paling Mungkin Terjadi

Prospek Kerja Lulusan Fisika

Sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, umumnya siswa tahun akhir di SMA/sederajat akan memikirkan jurusan-jurusan yang cocok dengan kepribadiannya. Namun, pertimbangan dalam memilih jurusan tentu bukan itu saja, melainkan juga tentang bagaimana prospek kerja dari jurusan yang ingin diambil tersebut.

Fisika sendiri bisa dibilang sebagai jurusan yang punya peluang kerja yang cukup bagus di pasca kampus. Berikut beberapa prospek kerja fisika yang perlu kamu ketahui.

Guru

Meskipun bukan merupakan ilmu pendidikan, lulusan fisika murni juga bisa menjadi guru di sekolah-sekolah kok. Pertama, mereka bisa menjadi guru di sekolah-sekolah swasta. Kedua, bisa menjadi guru setelah mengikuti Program Profesi Guru yang bisa diikuti oleh lulusan jurusan non-kependidikan. Menjadi guru adalah salah satu pilihan yang baik karena guru lah yang mendidik calon-calon pemimpin masa depan.

Dosen

Selain menjadi guru, prospek kerja lulusan fisika lainnya adalah menjadi dosen. Hanya saja, agar dapat menjadi dosen, seorang sarjana sains dari ilmu fisika mesti melanjutkan perkuliahan minimal ke jenjang S2, kalau bisa langsung ke S3 akan jauh lebih baik lagi. Peluang dosen fisika juga sangat banyak, menimbang banyaknya kampus dan ilmu murni seperti fisika adalah salah satu jurusan yang paling umum ada di sebuah universitas.

Peneliti dan/atau Asisten Peneliti

Ilmu pengetahuan terus berkembang dari waktu ke waktu. Berbagai hal beru terus diteliti dan ditemukan, tidak terkecuali di bidang fisika. Oleh karena itu, lulusan fisika juga bisa bekerja sebagai peneliti. Selain itu, menjadi asisten peneliti juga layak untuk dicoba sebagai modal untuk mengetahui seluk-beluk dunia penelitian.

Operator/Teknisi Laboratorium

Prospek kerja fisika lainnya yang bisa Sobat Eduisi tempuh kalau tamat dari jurusan ini adalah menjadi operator atau teknisi di laboratorium. Umumnya di laboratorium fisika juga, atau di laboratorium lain yang instrumentasinya berkaitan dengan ilmu fisika itu sendiri.

Aparatur Sipil Negara

Berbagai lembaga plat merah atau milik pemerintah juga menampung lulusan fisika untuk bekerja di sana lho. Sebut saja BMKG, LAPAN, LIPI, BATAN dan sebagainya. Jika kamu adalah seseorang yang bercita-cita ingin berkontribusi secara langsung pada negara, kamu bisa mengambil jurusan fisika lalu menjadi ASN di bidang dan lembaga terkait setelah itu.

Perusahaan Elektronika

Dalam perkuliahan di jurusan fisika, mahasiswa juga akan diajarkan mengenai elektronika. Memang bukan fokus utama kurikulum, hanya saja lulusan fisika dapat bekerja di perusahaan terkait. Entah itu perusahaan yang memproduksi barang elektronik itu langsung, atau perusahaan yang bergerak di bidang semikonduktor dan sebagainya.

Perminyakan dan Pertambangan

Industri minyak dan tambang selalu membutuhkan ahli dan teknisi yang paham mengenai dasar-dasar ilmu terkait. Teknologi perminyakan dan pertambangan tidak akan pernah terlepas dari yang namanya ilmu fisika itu, karenanya banyak juga lulusan fisika yang bisa bergabung dan berkarir di bidang perminyakan dan pertambangan.

Data Analyst

Analis data adalah pekerjaan yang mengemuka di zaman yang sudah berbasis big data ini. Pekerjaan ini menuntut seseorang untuk membaca dan menganalisis data-data yang ada. Tentunya membutuhkan kejelian dan fokus yang tinggi. Lulusan ilmu alam, khususnya ilmu murni seperti fisika memiliki kelebihan untuk dapat bekerja di bidang ini.

Konsultan IT

Meskipun tidak sefokus jurusan lain seperti sistem komputer dan sistem informasi dalam membahas IT, lulusan fisika juga dapat bekerja sebagai konsultan IT tersebut. Pasalnya dalam perkuliahan mereka juga mempelajari yang namanya pemrograman. Di samping itu, pemrograman bisa dipelajari dengan mudah meski di luar kuliah.

Baca juga : Manfaat Belajar Fisika Bagi Kehidupan Itu Ternyata Begini

Fisikawan Medis

Hebatnya ilmu fisika dan ilmu murni lainnya, ia dipakai di berbagai sektor kehidupan. Fisika sendiri juga ada di dalam ilmu medis, namanya fisika medis. Seorang lulusan ilmu fisika juga dapat bekerja di rumah sakit, klinik atau sarana medis lainnya sebagai fisikawan yang bertanggung jawab atau alat-alat medis yang dijalankan dengan prinsip fisika itu.

Wirausaha

The last but not least, prospek kerja fisika lainnya yaitu menjadi wirausaha atau pengusaha. “Lho kok pengusaha?” tanyamu, Sobat Eduisi tidak boleh meremehkan pengusaha lho, soalnya bisnis menjadi jalan paling potensial untuk mencapai kebebasan finansial (baca: kaya).

Nah, itulah beberapa peluang atau prospek kerja fisika bagi para lulusannya yang bisa saya bagikan bagi Sobat Eduisi sekalian. Setelah membaca itu, kamu tertarik tidak untuk masuk ke jurusan ini? Apa pun itu, pastikan kamu memikirkan dengan matang jurusan yang ingin kamu ambil ya.

Leave a Comment

error: Content is protected !!